Ini 5 Fitur PS2 Yang Jarang Diketahui Konsol milik Sony ini ngetren di awal tahun 2000an karena berbagai fiturnya (Foto: Lifewire)

PlayStation 2 (PS2) sempat ngetrens dan jadi teman masa kecil banyak orang. Hal itu karena teknologi PS2 bisa dibilang sangat maju pada jamannya. Kini, konsol yang hampir berumur 20 tahun ini sempat ngetren dan jadi standar bagi konsol generasi-generasi selanjutnya.

Banyak sekali fitur yang terdapat di PS2 diturunkan ke generasi terbaru Playstation. Tapi, Siapa sangka beberapa fitur belum tentu diketahui oleh para pemilik.

Berikut daftar fitur PS2 yang tidak diketahui banyak orang:

1. Bisa digunakan sebagai PC

PS2 Linux Kit bagi orang yang ingin membuat game PS2 sendiri (Foto: Playstation2.fandom.com/@nobu2426)
PS2 Linux Kit bagi orang yang ingin membuat game PS2 sendiri (Foto: Playstation2.fandom.com/@nobu2426)

Sony sengaja membuat sebuah paket yang dapat merubah PS2 jadi seperti CPU PC. Paket tersebut berisi keyboard, mouse, kaset Linux, adaptor internet, kaset instalasi dan hard disk berukuran 40 GB.

Paket ini ditujukan bagi orang-orang yang ingin mencoba membuat game PS2 mereka sendiri. Tentunya sangat menarik bagi para pengembang game indie. Terlebih di awal tahun 2000an, keberadaan pasar dan pengembang game indie sangat jarang ditemukan.

2. Menyambung ke internet

Banyak fitur daring yang bisa digunakan jika PS2 terhubung dengan adapter internet (Foto: Alibaba @Kingway INdustry CO., Ltd.)
Banyak fitur daring yang bisa digunakan jika PS2 terhubung dengan adapter internet (Foto: Alibaba @Kingway INdustry CO., Ltd.)

Saat ini hampir semua barang elektronik terhubung dengan internet. Bahkan sampai peralatan dapur seperti rice cooker atau oven sekali pun. Tapi di jaman ketika PS2 baru saja rilis, teknologi internet belum secanggih sekarang.

Alhasil banyak yang tidak tahu bahwa Sony menyediakan adaptor internet untuk PS2. Fitur-fitur PS2 yang bisa diakses secara daring pun tidak digunakan oleh kebanyakan orang. Padahal banyak fitur daring di PS2 menjadi standar bagi konsol-konsol generasi sebelumnya.

3. Mendukung delapan pemain

Multitap memecah satu lubang stik dan kartu memori jadi empat lubang terpisah (Foto: Skinflint.co.uk)
Multitap memecah satu lubang stik dan kartu memori jadi empat lubang terpisah (Foto: Skinflint.co.uk)

Bermain bersama teman-teman di jaman modern ini lebih mudah karena adanya internet. Cukup nyalakan konsol masing-masing dan internet akan menghubungkan kamu dengan teman-temanmu meski berjauhan. Jaman dulu untuk bermain bersama orang harus berkumpul dan menggunakan satu konsol saja.

Padahal biasanya hanya ada dua lubang saja untuk menghubungkan stik ke konsol. Tapi ternyata Sony membuat PS2 Multitap yang memecah satu lubang menjadi empat lubang terpisah. Dengan begitu kamu bisa bermain bersama dengan tujuh temanmu. Selama memiliki stik yang cukup dan game yang mendukung hingga delapan pemain.

4. Mendeteksi gerakan

Eye Toy yang memungkinkan PS2 membaca gerakan dan game yang mendukungnya (Foto: Shpock @Sho M)
Eye Toy yang memungkinkan PS2 membaca gerakan dan game yang mendukungnya (Foto Shpock @Sho M)

Tidak ada akhirnya jika terus membandingkan teknologi yang kita milik sekarang dengan jaman dulu. Tapi PS2 memang membuktikan bahwa teknologinya terbilang sangat maju pada jamannya. Sony pernah mengeluarkan alat bernama Eye Toy untuk PS2.

Alat tersebut dapat membaca gerakan pemain, kemudian dikirim ke beberapa game yang mendukung. Meski memiliki kualitas kurang baik dan banyak masalah, alat tersebut tetap memukau banyak pemain karena konsep baru (pada jamannya).

5. Berfungsi sebagai PS1 dan DVD player

Sony bahkan memproduksi remot DVD player untuk PS2 (Foto: Pinterest/Game Gear Supply)
Sony bahkan memproduksi remot DVD player untuk PS2 (Foto: Pinterest/Game Gear Supply)

Di jaman dimana barang elektronik biasanya hanya memiliki satu fungsi saja, PS2 berhasil melampaui batas tersebut. Tak heran memang jika PS2 bisa berfungsi sebagai PS1.

Tapi berfungsi sebagai DVD player juga? Tentunya hal ini membuat PS2 terlihat luar biasa. Terlebih pada jaman itu kaset-kaset film merupakan salah satu pilihan utama hiburan. (sep)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH