Ini 3 'Permainan Pikiran' yang Sering Ditemukan dalam Hubungan dan Cara Menghindarinya Ini permainan pikiran dalam percintaan. (Foto: askmen)

APAKAH kamu pernah merasa bingung dengan perilaku gebetanmu? Kadang ia membalasmu dengan cepat, tetapi kadang ia mengabaikan pesanmu walau ia masih meng-update media sosialnya. Lantas, apa maksudnya? Jika kamu pernah mengalami hal ini, bisa jadi kamu telah terjebak ke mind games yang telah ia ciptakan.

Menurut Tina B. Tessina, Ph.D., seorang penulis dan psikoterapis, permainan dalam hubungan biasanya digunakan seseorang untuk memanipulasi orang lain, termasuk gebetan dan pacar mereka.

Gigi Engle, ahli bercinta dan intimasi SKYN Condoms mempercayai bahwa permainan pikiran alias mind games biasanya bertujuan untuk memanipulasi untuk menutupi ketakutan mereka sendiri terhadap menjalin hubungan.

Untuk bisa terhindar dari permainan-permainan ini dan mencegah patah hati, yuk kenali ketiga mind games yang sering ditemukan dalam hubungan percintaan dan cara mengatasinya!

Baca juga:

Menurut Data Tinder, 2 Zodiak Ini Paling Aktif dan Selalu 'Swipe Right'

1. hot and cold

Pernahkah kamu terjebak di permainan ini?(Foto: crestech.ca)
Pernahkah kamu terjebak di permainan ini?(Foto: crestech.ca)

Salah satu tipe mind games yang populer adalah memberikan mixed signal atau sinyal yang tidak jelas. Kadang ia bisa bersikap hangat dan manja, lalu tiba-tiba ia bisa menjadi dingin dan mengabaikanmu.

Biasanya tindakan ini dilakukan jika ia tidak serius denganmu dan juga memiliki gebetan lain. Ia menerapkan permainan ini ke semua gebetannya dan sedang menyeleksi mana "korban" yang paling sesuai dengan keinginannya.

Kenali tindakan ini sedari awal. Jika ia sudah memberikan mixed signal selama beberapa kali, cepat-cepat tinggalkan gebetanmu. Ingat, kamu terlalu berharga untuk dipermainkan orang lain. Berikan cinta dan kasih sayang kepada orang yang benar-benar pantas mendapatkannya.

2. "jual mahal"

Pernahkah kamu yang melakukan permainan pikiran ini? (Foto: yourstory.com)
Pernahkah kamu yang melakukan permainan pikiran ini? (Foto: yourstory.com)

Playing hard to get alias jual mahal pasti sudah sering kita dengar atau bahkan pernah kita lakukan. Jika dilakukan sedikit-sedikit saja, mungkin jual mahal tidak terlalu menjadi masalah. Meski begitu, laman askmen mengatakan bahwa orang-orang yang benar-benar menyukaimu tidak akan terlalu mementingkan gengsinya dan terlalu jual mahal.

Cara menghindari permainan ini adalah dengan menyatakan perasaanmu secara to the point dan bertanya padanya tentang keseriusan hubungan kalian.

Baca juga:

Beda Sepatu, Lain Pula Ikatan Talinya, Cek 5 Gayanya

3. Membuatmu cemburu

Biasanya hal ini pernah dilakukan oleh semua orang. (Foto: varieerinhetverkeer)
Biasanya hal ini pernah dilakukan oleh semua orang. (Foto: varieerinhetverkeer)

Salah satu cara mempermainkan perasaan orang lain adalah dengan memberikan gambaran bahwa ada keterlibatan orang lain sehingga ia memaksamu untuk berkompetisi dalam memenangkan hatinya. Ini bisa dilakukan dengan cara membahas mantan kekasih, flirting dengan orang lain, dan lain-lain.

Cara menghindarinya adalah dengan mengajaknya berbicara baik-baik bahwa kamu merasa tidak nyaman ketika ia membahas tentang orang lain.

Meski begitu, perilaku manusia sangatlah beragam dan tidak bisa ditebak. Yang terpenting adalah untuk mengikuti perasaan dan suara hatimu agar terhindar dari orang-orang yang tidak tepat. (shn)

Baca juga:

Serbaguna, ini 5 Inspirasi #OOTD Jaket Denim untuk Laki-Laki


Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH