Ini 3 Manfaat Konsumsi Madu Tiap Hari Yuk mulai masukkan madu pada menu dietmu. (Foto: the list)

MADU telah dijadikan sebagai bahan makanan dan obat tradisional sejak 8000 tahun yang lalu. Dilansir dari The List, hal tersebut terbukti dari lukisan zaman batu di mana produk yang dihasilkan oleh lebah mampu menjadi obat dari berbagai penyakit.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh ncbi.nlm.nih.gov juga mengatakan bahwa madu tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan, melainkan sebagai pengobatan alternatif untuk kondisi klinis mulai dari penyembuhan luka sampai pengobatan kanker.

Mengandung banyak protein, berikut merupakan empat benefit mengonsumsi madu setiap hari menurut Healthline.

Baca juga:

4 Manfaat Teh Jahe, Nomor 3 untuk Cegah Virus Corona

1. Wajah lebih cerah

Madu bisa digunakan untuk masker wajah. (Foto: the list)
Madu bisa digunakan untuk masker wajah. (Foto: the list)

Mengonsumsi madu setiap hari ternyata bisa membuat kulitmu jadi cerah lho! Ini disebabkan karena madu sangat efektif untuk membersihkan, melindungi, dan menyembuhkan luka.

Désirée Lie, profesor klinis di Kerk School of Medicine mengatakan bahwa madu mampu mencegah infeksi karena kandungan hidrogen peroksida, protein, dan asam glukonat yang bertindak sebagai agen penyembuhan.

Untuk mempercepat pencerahan wajah, kamu juga bisa menggunakan madu sebagai masker wajah selama 10-15 menit.

2. Menurunkan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang

Madu terbukti memperkecil lingkar pinggang. (Foto: the list)
Madu terbukti memperkecil lingkar pinggang. (Foto: the list)

Daripada menggunakan pemanis buatan, kamu bisa menggunakan bahan pengganti natural seperti madu. Madu cocok digunakan sebagai bumbu masakan, dressing salad dan hidangan oatmeal, maupun pemanis dalam teh atau kopi.

Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Preventive Medicine pada 2018 menyimpulkan bahwa partisipan yang mengonsumsi madu mengalami penurunan berat badan yang drastis dan pengecilan lingkar pinggang yang signifikan.

Baca juga:

3 Sarapan Sehat yang Mudah Dibuat Saat 'Self Quarantine'

3. Tidur lebih berkualitas

Tidur nyenyak dengan mengonsumsi madu. (Foto: the list)
Tidur nyenyak dengan mengonsumsi madu. (Foto: the list)

Menurut buku The Honey Prescription: The Amazing Power of Honey as Medicine, madu menjadi ritual sebelum tidur yang dilakukan oleh hampir seluruh kebudayaan di dunia.

Kamu bisa mencampurkan madu dengan susu hangat seperti orang Eropa atau membuat teh chamomile hangat dengan madu asli seperti tradisi di Meksiko. (shn)

Baca juga:

4 Penyakit yang Berisiko Menyerang Milenial dan Generasi Z Gaul Jakarta


Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH