Ini 3 Cara Membersihkan Sedotan Reusable Agar Tetap Higienis

annehsannehs - Kamis, 15 Juli 2021
Ini 3 Cara Membersihkan Sedotan Reusable Agar Tetap Higienis
Coastal Basement. (Foto Coastal Basement)

SELAMA beberapa waktu terakhir, kesadaran orang-orang terhadap krisis lingkungan semakin meningkat. Produk reusable seperti botol minum dan alat makan pun banyak digunakan oleh orang-orang ketika berpergian. Selain sustainable dan ramah lingkungan, alat makan personal ini juga lebih terjaga kebersihannya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk benar-benar menjaga higienitas sedotan besi yang biasa kamu bawa kemana-mana. Bayangkan saja, mungkin kamu telah menggunakan sedotan kamu untuk minum milk tea brown sugar, es teh manis, air kelapa, dan sebagainya. Jika tidak mencuci sedotan dengan baik, ada berapa banyak kuman, virus, dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan tubuhmu.

Dilansir dari Life Hacker, berikut merupakan cara terbaik membersihkan sedotan besi.

Baca juga:

Meninggalkan Cucian Piring Semalaman, Apakah Berbahaya?

1. Sikat kecil

Gunakan sikat kecil. (foto- troveofgaia.com)
Gunakan sikat kecil. (foto- troveofgaia.com)

Sedotan reusable bisa terbuat dari berbagai bahan seperti metal, plastik, bambu, silikon, dan lain-lain. Tiap jenis sedotan pun bisa dibersihkan dengan metodenya masing-masing. Meski begitu, sikat kecil merupakan metode yang berlaku bagi semua bahan.

Walaupun hanya digunakan untuk minum air putih saja, jangan berasumsi bahwa sedotanmu bisa "bersih sendiri" ya! Selalu gunakan sikat kecil yang biasanya diperoleh ketika kamu pertama kali membeli sedotan reusable.

Baca juga:

6 Kesalahan Membersihkan Mesin Pembuat Kopi

2. Dishwasher

dishwasher. (foto: pixabay/congerdesign)
dishwasher. (foto: pixabay/congerdesign)

Kamu bisa memanfaatkan mesin dishwasher jika hendak membersihkan sedotan reusable berbahan metal, bambu, dan silikon. Pastikan untuk meletakkan sedotanmu di atas keranjang silverware pada posisi berdiri agar deterjen dan semprotan air yang kencang mampu meraih sampai ke bagian dalam sedotan.

Meski begitu, jangan mencuci sedotan plastik reusable kamu menggunakan dishwasher karena berpotensi rusak, pecah, atau bengkok.

3. Direbus air mendidih

Paket sedotan reusable dari Coastal Basement. (Foto Coastal Basement)
Paket sedotan reusable dari Coastal Basement. (Foto Coastal Basement)

Kamu bisa mensterilkan sedotan reusable yang kamu miliki dengan cara merebusnya dengan air mendidih. Metode ini bisa digunakan untuk bahan sedotan silikon, logam, dan bambu. Meski begitu, coba cek washing instruction (instruksi mencuci barang) terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. (SHN)

Baca juga:

Minimkan Penggunaan Plastik, Cara Tepat Jadi Traveler Keren

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan