Inginkan Perdamaian, Wapres JK Dukung Reformasi PBB

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 22 September 2017
Inginkan Perdamaian, Wapres JK Dukung Reformasi PBB
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO/Setwapres-Syamsu Millah)

MerahPutih.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa perdamaian tidak pernah diberikan, tetapi harus diupayakan terus menerus dan dipelihara melalui dialog, inklusivitas, penyelesaian sengketa secara damai.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat berpidato pada sidang majelis umum ke-72 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Kamis (21/9).

Wapres mengatakan, semua negara harus bersama-sama menjaga stabilitas dan perdamaian dunia.

Karena itu, penting juga mengembangkan PBB sebagai institusi global yang kuat, yang menekankan pada pemeliharaan perdamaian, keamanan, dan stabilitas. "Indonesia menyatakan dukungan untuk reformasi PBB," kata JK.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mengatakan, perlunya sinergi antara mempertahankan perdamaian dan agenda mencapai pembangunan berkelanjutan.

Wapres mencatat, Sasaran Pembangunan Berkelanjutan dan Kesepakatan Paris sebagai komitmen global yang disepakati yang harus diterjemahkan ke dalam tindakan nyata.

Kebutuhan mendesak untuk rencana aksi global dan kemitraan untuk memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme kekerasan adalah poin utama lainnya.

Menurut Wapres, akar masalah persoalan harus ditangani, antara lain persoalan kemiskinan ekstrem, buta huruf, dan pengangguran kaum muda besar-besaran.

Hal tersebut, kata JK, harus diselesaikan melalui kombinasi kekuatan 'keras' dan 'lunak', memperkuat peraturan hukum dan mendorong keterlibatan masyarakat.

Wapres juga menjelaskan, bagaimana Indonesia melakukan deradikalisasi terhadap lebih dari enam ribu teroris yang berada di 72 penjara. Wapres juga meminta dukungan agar Indonesia bisa terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. (*)

Sumber: ANTARA

#Wakil Presiden Jusuf Kalla #PBB
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan