Ingin Tunjukkan Totalitas, Soleh Solihun Serbabisa di Film 'Mau Jadi Apa?'

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 18 November 2017
Ingin Tunjukkan Totalitas, Soleh Solihun Serbabisa di Film 'Mau Jadi Apa?'
Soleh Solihun jadi serbabisa di film Mau Jadi Apa? (foto: mp/Albi)

KOMEDIAN Soleh Solihun sukses dengan film terbarunya, Mau Jadi Apa?. Film tersebut bercerita tentang pengalaman berharga Soleh selama berkuliah di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, pada 90-an. Selain memainkan karakternya sendiri, Soleh juga merangkap posisi lain di film itu.

Soleh menunjukkan ia serbabisa di film itu. Ia menjadi penulis skenario sekaligus sutradara bersama Monty Tiwa.

Tidak butuh waktu lama bagi Soleh membuat ide cerita dari film itu. Tiga bulan setelah skenario selesai, ia langsung melakukan pengambilan gambar.

"Nulis dari bulan Mei. Juni lock, Agustus syuting," papar Soleh pada temu pers, Jumat (17/11), di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski merangkap berbagai tugas, Soleh mengaku itu bukan karena ia ingin eksis, melainkan keinginan untuk menunjukkan totalitasnya dalam film itulah yang menjadi alasannya.


"Karena sudah tahu mau cerita apa. Gue mau setting-nya di kampus itu (Unpad). Gue pengen bikin film se-authentic mungkin," tambahnya.

Menurut Soleh, ada beberapa film yang menceritakan kehidupan kampus, tapi tidak mengambil setting kampus yang bersangkutan.

"Setting film di universitas apa, tapi ternyata bukan (universitas sebenarnya)," tambahnya lagi.

Tidak mudah juga menjalani proses syuting film Mau Jadi Apa?. Proses syuting dilakukan saat para mahasiswa tengah libur panjang. Akibatnya, Soleh dan kru film harus berlomba dengan waktu agar target selesai film sesuai jadwal.

"Agustus terakhir libur (kampus). Jadi kita harus ngejar sebelum kampus mulai lagi," pungkasnya.

Mau Jadi Apa? akan tayang 30 November mendatang. Selain Soleh, artis cantik Aurelie Moeremans dan Anggika Bolsterli juga terlibat sebagai pemain. (Ikh)

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan