Ingin Traveling ke Madura? Ini Tipsnya Bukit Jeddih Bangkalan Madura (Foto: Instagram@farid_alvino)

MADURA mungkin kurang familiar di telinga traveler pemula, namun, bukan berarti sebuah pulau di timur Jawa itu tak memiliki destinasi wisata. Pantai di Madura sangat eksotis dan tak kalah dengan tempat lain. Selain itu ada pula air terjun serta perbukitan yang unik-unik.

Biasanya bagi yang ingin berlibur ke Madura para traveler akan mencari agen travel yang mengadakan trip ke sana. Selain tak perlu pusing dengan segala hal saat perjalanan seperti penerbangan, hotel dan makan, kita tinggal duduk manis mengikuti rundown yang telah dibuat.

Tapi bagaimana jika ingin melakukan perjalanan sendiri tanpa agen travel? itu juga tidak masalah, dengan mengikuti beberapa tips dari merahputih.com, dijamin perjalanan kamu akan terasa sempurna dan nyaman.

1. Mencari informasi tentang destinasi wisata

Kampoeng Wisata Toron Semalem, Pamekasan (Instagram/tety_kurniyawati)
Kampoeng Wisata Toron Semalem, Pamekasan (Instagram@tety_kurniyawati)

Ini yang paling penting dan harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke Madura. Cobalah mencari informasi sedetail mungkin tentang tempat kuliner di sana, penginapan hingga budaya setempat. Hal itu berguna sebagai pengetahuan kamu serta menentukan biaya perjalanan.

2. Buat biaya perjalanan

Biaya perjalanan cukup penting (Pixabay/stevepb)
Biaya perjalanan cukup penting (Pixabay/stevepb)

Meski terdengan sepele sebenarnya menentukan biaya perjalanan sangat penting jika kamu ingin melakukan traveling kemanapun termasuk ke Madura. Kamu pasti tidak ingin uang yang kamu miliki terkuras habis hanya karena tidak merencanakan dengan detail perjalanan kamu.

3. Buat daftar kunjungan

Buatlah daftar kunjungan sebelum berangkat (Pixabay/stux)
Buatlah daftar kunjungan sebelum berangkat (Foto: Pixabay/stux)

Setelah mencari informasi mengenai segala apapun di Madura, kamu tinggal membuat daftar kunjungan atau bahasa populernya itinerary. Tentukan mau kemana kamu selama kamu berada di Madura. Dengan membuatnya terstruktur dijamin liburan kamu tak kalah seru dengan orang yang memakai agen travel.

4. Membawa peta wisata

Bawa peta wsiata agar perjalanan kamu lebih mudah (Pixabay/Free-Photos)
Bawa peta wsiata agar perjalanan kamu lebih mudah (Pixabay/Free-Photos)

Pulau yang dihubungkan dengan jembatan Suramadu ini bukanlah pulau kecil yang bisa dikelilingi satu hari. Luasnya sekitar 5.168 kilometer persegi atau sekitar 8 kali lebih besar dibandingkan Jakarta. Dengan memiliki peta wisata kamu bisa mengetahui posisi kamu serta mempermudah melakukan perjalanan ke destinasi wisata.

5. Bawa uang secukupnya

Bawa uang secukupnya saat perjalanan (Pixabay/jarmoluk)
Bawa uang secukupnya saat perjalanan (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Jangan terlalu berlebihan membawa uang. Coba bawa uang secukupnya sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat perjalanan. Di Madura sangat banyak mesin ATM sehingga kamu tak perlu takut kehabisan uang saat berwisata ke sana.

6. Bawa obat pribadi

Bawa obat pribadi untuk antisipasi (Pixabay/Stivebp)
Bawa obat pribadi untuk antisipasi (Foto: Pixabay/Stivebp)

Segala sesuatu bisa saja terjadi. Sehingga antisipasi tentu sangat diperlukan. Coba bawa obat-obatan pribadi. Mungkin saja kamu salah makan atau kelelahan sehingga kondisi tubuh kamu menjadi tidak fit.

7. Membawa alat dokumentasi

Dokumentasi sangat penting saat melakukan perjalanan (Pixabay/YS-Park)
Dokumentasi sangat penting saat melakukan perjalanan (Foto: Pixabay/YS-Park)

Sekarang sepertinya bukan liburan namanya kalau tidak mendokumentasikan momen-momen seru dalam perjalanan. Agar tidak terlalu ribet mungkin kamu bisa membawa kamera mirrorless atau setidaknya go pro. Kamera gro pro bisa membantu mendokumentasikan perjalananmu dengan mudah karena langsung terhubung dengan ponsel. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH