Ingin Sukses di Tempat Kerja? Latih 'Soft Skill' Latih Soft Skill mu Mulai Sekarang (Foto: Pixabay/Mohamed Hassan)

DALAM dunia kerja, biasanya staf personalia mencari kandidat dengan keterampilan baik umum maupun khusus. Hard skill adalah keterampilan khusus untuk suatu pekerjaan, juga pengetahuan dan pengalaman yang kamu miliki untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tetapi, ada yang dinamakan soft skill. Apa itu? Apa bedanya dengan hard skill?

Hard skill dapat kamu peroleh melalui pendidikan, program pelatihan, sertifikasi, dan pelatihan di tempat kerja. Keterampilan dapat diukur dengan mudah, didefinisikan dan dievaluasi. Sedangkan, soft skill adalah keterampilan interpersonal pribadi. Keterampilan ini jauh lebih sulit didefinisikan dan dievaluasi.

Baca juga:

Bisa Ditiru nih, Cara Seimbangkan Hidup-Kerja ala Orang Sukses

Soft skill meliputi keterampilan komunikasi, keterampilan menyimak, dan empati. Kemampuan interpersonal ini dinilai lebih penting di zaman sekarang ketimbang Hard skill. Melansir dari Yahoo, Bahkan di Google, sebuah perusahaan besar memberikan gagasan bahwa keterampilan hardskill seperti coding dan matematika memang menentukan karir kamu di dalam dunia kerja.

Namun, hal itu menempati urutan ke delapan dari delapan karakteristik yang harus lulus kualifikasi jika kamu ingin bekerja di google. Apa yang terjadi dengan tujuh keatasnya? Kamu sudah pasti bisa menebaknya. Ya, tentu saja semua soft skill. Tujuh karakteristik tersebut adalah bagaimana kamu bisa menjadi pelatih yang baik, berkomunikasi dan mendengarkan dengan baik, memiliki wawasan tentang orang lain, memiliki empati terhadap rekan kerja, menjadi pemikir kritis yang baik dan pemecah masalah, dan mampu terhubung dengan orang lain melalui ide-ide kompleks.

Alasan lain mengapa soft skill itu penting, karena soft skill adalah kemampuan yang dapat di 'transfer' dan dapat digunakan terlepas dari pekerjaan dimana orang itu bekerja. Hal ini membuat kandidat pekerja dengan soft skill mampu untuk beradaptasi dengan mudah.

Juga, karena soft skill biasanya diperoleh dari waktu ke waktu, bukan dalam waktu yang sangat singkat, orang-orang dengan soft skill sering dipandang memiliki latar belakang yang unik dan luas yang dapat mendiversifikasi perusahaan dan membantunya berjalan lebih efisien. Berikut beberapa soft skill yang bisa kamu latih sejak dini.

1. Komunikasi

Ingin Sukses di Tempat Kerja? Latih 'Soft Skill'
Komunikasi Memberimu Wawasan Luas (Foto: Pixabay)

Keterampilan komunikasi tertulis dan verbal sangat penting di tempat kerja, karena mereka menentukan cara orang memandangmu. Mereka juga meningkatkan peluang kamu untuk membangun hubungan dengan rekan kerja.

Keahlian komunikasi meningkatkan kinerja kamu, karena kamu mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga kamu dapat memberikan performa yang luar biasa.

Baca juga:

Kerja Dulu Baru Kuliah? Kenapa Enggak

2. Memecahkan Masalah

Ingin Sukses di Tempat Kerja? Latih 'Soft Skill'
Mampu Memecahkan Masalah dalam Setiap Situasi (Foto: Pixabay-Free Photos)

Dalam dunia kerja, suatu pekerjaan bukanlah sesuatu yang menjadi utama. Pekerjaan dapat kamu selesaikan dengan mudah dengan kemampuan berpikirmu.

Ketika sesuatu berjalan tidak sesuai rencana, sebagai karyawan kamu harus berjuang untuk memberikan suatu bentuk solusi yang baik bukan memperbesar masalah. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk kelancaran perusahaan dan pekerjaanmu

3. Kerja Sama

Ingin Sukses di Tempat Kerja? Latih 'Soft Skill'
Kerja Sama Menentukan Keberhasilan Tujuan (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Sukses atau tidaknya perusahaan jarang bergantung pada satu orang yang melakukan sesuatu sendirian. Sukses di perusahaan didapat dari hasil orang-orang yang bekerja menuju tujuan bersama. Ketika karyawan mampu bekerja sama dengan bakat mereka, semua orang akan sukses pada waktunya. (Nic)

Baca juga:

Ternyata 6 Orang Sukses Dunia Ini Dulunya Sempat Jadi Buruh



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH