Ingin Simpan Daging di Freezer? Ini Caranya Biar Awet Menyimpan daging di freezer harus tepat (Foto: Pexels/mali maeder)

MENYIMPAN daging beku adalah cara berhemat yang tepat. Dengan menyetok beberapa kilogram daging, kita tak perlu lagi berbelanja hingga beberapa waktu ke depan.

Anehnya, daging atau ikan beku yang disimpan pada suhu minus 18 celcius atau lebih rendah akan aman dikonsumsi selama beberapa bulan. Itu karena mikroorganisme dan mikroba seperti bakteri, ragi, dan jamur tidak dapat tumbuh pada suhu ini.

Baca juga:

Tips Mengolah Daging Merah Agar Aman Dikonsumsi

Kendati aman, itu tidak berarti kamu bebas makan daging berusia bertahun-tahun dari freezer. Jelas itu bukan hal yang dianjurkan. Semakin lama kita meninggalkannya di dalam freezer, semakin rendah kualitas dagingnya.

Daging yang terlalu lama disimpan di freezer akan berkurang kualitasnya (Foto: Pexels/Lukas)

Tak hanya itu, daging yang terlalu lama disimpan di freezer dapat membuat permukaan freezer dehidrasi. Tanda-tanda permukaan freezer yang dehidrasi misalnya kekeringan, muncul bercak putih pada kristal es dan perubahan warna.

Ada standar khusus umur daging secara umum dalam freezer. Melansir Express, untuk ayam dan kalkun utuh dapat disimpan selama setahun. Sementara untuk dada, paha, atau sayap ayam hanya boleh disimpan di freezer selama sembilan bulan.

Baca juga:

Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional

Daging sapi, sapi muda dan domba yang dipanggang dapat bertahan di freezer selama 12 bulan. Demikian pula pada steak daging sapi dan domba.

Usia daging dapat bertahan lebih lama jika menyimpannya di freezer menggunakan bungkus plastik kedap (Foto: Unsplash/Victoria Shes)

Untuk daging babi mentah kita bisa menyimpannya empat sampai enam bulan. Sebaliknya, untuk daging babi yang telah dipanggang setengah mentah dapat bertahan hingga 12 bulan. Daging giling dan daging hamburger hanya baik dikonsumsi setelah tiga hingga empat bulan penyimpanan.

Adapun untuk daging ikan sisa yang telah dimasak dapat bertahan selama enam bulan. Namun untuk daging yang dimasak hanya bisa dikonsumsi setelah tiga bulan penyimpanan.

Usia daging bisa bertahan lebih lama jika kita menyimpannya di dalam bungkus plastik kedap udara atau kertas freezer. Usia daging bisa bertahan lebih dari dua bulan. (avia)

Baca juga:

Yuk, Masak Semur Daging Sapi khas Betawi yang Manis dan Gurih

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH