Ingin Sehat? Coba Berjalan Tanpa Alas di Rumput Berjalan tanpa alas di rumput (Sumber: Pixabay/cherylholt)

KAPAN kamu terakhir kali kamu berjalan tanpa alas kaki di rumput? Mungkin sudah lama sekali bukan? Berjalan tanpa alas kaki dikenal juga sebagai grounding, maksudnya berjalan tanpa alas kaki di atas rumput, tanah atau pasir.

Aktivitas ini punya banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti memperbaiki tidur, menurunkan peradangan dan meningkatkan antioksidan. Selain itu efek positif juga dirasakan saat anak sedang belajar berjalan. Karena berjalan tanpa alas kaki mampu meningkatkan proprioception mereka (kesadaran akan pergerakan tubuh).

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Environmental and Public Health, kontak fisik dengan permukaan Bumi memiliki dampak positif bagi kesehatan. Dilansir dari Boldsky, berikut ini dampak positif dari berjalan tanpa alas kaki di rumput.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mampu mengurangi risiko sakit jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)
Mampu mengurangi risiko sakit jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, berjalan tanpa alas kaki di rumput mampu mengurangi viskositas darah, faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular. Peningkatan viskositas darah meningkatkan risiko penyakit yang mengancam jiwa, termasuk penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.

2. Mengurangi insomnia

Mengurangi insomnia (Sumber: Pixabay/Gellinger)
Mengurangi insomnia (Sumber: Pixabay/Gellinger)

Grounding mampu mengurangi kadar kortisol. Hal itu didapat dari sebuah penelitian oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine. 12 orang mengeluh sakit, disfungsi tidur, dan stres diminta untuk berjalan tanpa alas kaki selama 8 pekan. Hasilnya masalah yang mereka derita hilang.

3. Menurunkan peradangan kronis

Mampu menurunkan peradangan kronis (Sumber: Pixabay/Tumisu)
Mampu menurunkan peradangan kronis (Sumber: Pixabay/Tumisu)

Permukaan bumi memiliki ritme listrik dan elektron bebas yang mengalir dari bumi ke tubuh. Hal itu bermanfaat untuk fisiologi dan klinis. Elektron bebas ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang membantu mengurangi peradangan kronis. Peradangan kronis adalah akar penyebab banyak penyakit serius seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dan lain-lain.

4. Menunda penuaan kulit

Mampu menunda penuaan kulit (Sumber: Pixabay/jill111)
Mampu menunda penuaan kulit (Sumber: Pixabay/jill111)

Seorang peneliti bernama Gaétan Chevalier dari Departemen Biologi Perkembangan dan Sel di University of California, membuat penemuan bahwa berjalan tanpa alas kaki memiliki manfaat antiageing. Penemuan itu didasari penelitian pada empat puluh subyek. Hasilnya grounding meningkatkan aliran darah dan sirkulasi darah di wajah. (*)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH