Ingin Segera Terlepas dari Depresi? Mulailah Berolahraga Olahraga juga bagus untuk kesehatan mental. (Foto: Pixabay/Comfreak)

OLAHRAGA sangat dibutuhkan tubuh untuk mengurangi tumpukan kalori serta lemak berlebih pada tubuh. Karena jika dibiarkan akan memicu berbagai macam penyakit kronis jangka panjang seperti jantung, stroke, dan diabetes. Kamu juga bisa menjaga kesehatan tulang dengan rutin berolahraga.

Sekarang sudah banyak jenis olahraga yang bisa menyesuaikan kepribadian masing-masing. Olahraga menjadi sangat menyenangkan dan tak lagi dipandang sebagai aktivitas berat. Melansir dari laman helpguide.org, ternyata olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental.

Baca juga:

Penelitian Menyebutkan, Anggur Merah Ternyata Bisa Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Olahraga dipercaya mampu mengurangi depresi karena kesehatan mental sangat berhubungan dengan kelancaran kerja tubuh. Orang yang tidak olahraga secara rutin sudah pasti ada masalah di dalam tubuhnya seperti peredaran darah yang tidak lancar dan kecenderungan obesitas. Olahraga juga memiliki peranan penting dalam mengusir depresi. Cek nih ulasannya!

1. Melepaskan Hormon Endorfin

olahraga melepaskan hormon endorfin
Olahraga membantu melepaskan hormon endorfin. (Foto: Pixabay/JillWellington)

Selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui cara mengoptimalkan kadar hormon endorfin dengan memperhatikan asupan gizi. Ternyata produksi hormon endorfin bisa semakin lancar setelah dipicu oleh olahraga.

Hormon endorfin dikenal sebagai hormon bahagia. Nafsu makan pun semakin lancar. Hormon endorfin juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga:

3 Jam Seminggu untuk Turunkan Risiko Depresi

2. Percaya Diri

olahraga meningkatkan percaya diri
Kepercayaan diri terjaga karena bentuk tubuh terjaga. (Foto: Pixabay/scottwebb)

Kunci utama menurunkan berat badan dalam waktu cepat adalah dengan rutin olahraga. Semakin sering tubuhmu bergerak, semakin cepat kalori tumpukan lemak keluar melalui keringat.

Dengan rutin berolahraga, tubuhmu semakin langsing dan proporsional. Kepercayaan diri akan semakin meningkat dan kamu terhindar dari depresi.

3. Kerja Tubuh Optimal

olahraga membuat kerja tubuh optimal
Sistem kerja tubuh semakin optimal. (Foto: lograstudio)

Olahraga teratur akan membuat kerja tubuh semakin optimal karena seluruh peredaran darah menjadi lancar. Tidak ada lagi saluran yang tersumbat oleh lemak berlebih. Jaringan sel radikal pemicu kanker yang terbawa oleh makanan akan keluar melalui keringat sehingga kamu tidak perlu khawatir terkena penyakit. (mar)

Baca juga:

Dengan Tekanan yang Tinggi, Profesi Berikut Rentan Membuat Depresi



Ananda Dimas Prasetya