Ingin Perut Rata? Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini Makanan-makanan yang Membuat Perut Rata (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

PERUT rata adalah idaman banyak orang, tidak sedikit mereka yang rela melakukan berbagaimacam cara untuk membuat perut menjadi rata. Mulai dari rajin olahraga, diet, bahkan membeli alat pelangsing. Tapi tahu gak sih ternyata makanan yang biasa sering kamu temui bisa membuat perutmu menjadi rata?

Dilansir dalam health.com, di bawah ini terdapat daftar enam makanan yang dipercaya bisa membantumu menjaga pinggang tetap ramping dan tetap memberikan nutrisi penting. Pada gilirannya dapat membantu dalam usaha penurunan berat badan.

1. Kacang-kacangan

Ingin Perut Rata? Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini
Kacang polong bisa meningkatkan rasa kenyang (Foto: pixalab/piviso)

Kacang-kacangan seperti kacang polong kering, buncis, kacang putih ternyata kaya akan protein dan serat, sehingga bisa meningkatkan rasa kenyang.

Makanan ini juga sumber zat besi yang baik, penelitian membuktikan bahwa kacang-kacangan menunjukkan bahwa kekurangan mineral dapat memperlambat metabolisme.

2. Mentimun

Ingin Perut Rata? Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini
Mentimun dapat dikonsumsi dengan cara apapun (Foto: pexels/Buenosia Carol)


Berkat kandungan flavonoid antioxidant quercetin (yang bisa mengurangi pembengkakan) dan kadar air yang tinggi, mentimun dapat membantu mencegah kembung.

Sayuran ini bisa dimakan dengan cara apapun bahkan dimakan langsung, tanpa perlu khawatir berkurang khasiatnya. Seperti dibuat salad, ditambahkan pada yogurt, atau dicocol dalam saus buatan sendiri.

3. Pepaya

Ingin Perut Rata? Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini
Pepaya kaya akan vitamin A, C, E, dan folat (Foto: pixabay/rogeriomda)

Kamu tidak suka pepaya? Cobalah untuk memakan buah berwarna oranye ini. Buah ini kaya akan vitamin A, C, E, dan folat. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain.

Enzim tersebut dapat membantu sistem GI (indeks glikemik) untuk memecahkan makanan yang sulit untuk dicerna, pada gilirannya dapat mencegah peradangan dan perut kembung.

Sama seperti mentimun, kamu juga bisa memakannya dengan cara apapun. Seperti dibuat smoothie, salad atau bisa juga dipanggang yang sebelumnya ditambah setetes minyak zaitun.

4. Pisang

Ingin Perut Rata? Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini
Pisang cocok sebagai teman nyemil di sore hari (Foto: pexels/Pixabay)


Pisang sangat cocok buat camilan di sore hari, Kenapa? Selain potasium, pisang dikemas dengan pati resisten, karbohidrat sehat yang dicerna oleh tubuh secara perlahan akan membuatmu kenyang lebih lama.

Mengutip hellosehat.com, pati resisten adalah pati yang sama sekali tidak bisa dihancurkan dan dicerna oleh perut. Setelah masuk ke usus kecil, makanan yang berpati resisten justru difermentasi sebelum masuk ke usus besar.

Jadi, pati resisten bisa mendoronghati kamu untuk beralih ke mode pembakaran lemak sehingga meningkatkan metabolisme kamu. Pisang juga dapat membantu mencegah retensi air dalam tubuh dengan mengatur kadar natrium dan mengurangi risiko kembung.

5. Cabai

Ingin Perut Rata? Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini
Cabai membantu kamu mencegah kenaikan berat badan (Foto: Pexels/Pixabay)


Siapa yang suka makan cabai? Makanan pedas ini dapat memulai metabolisme dan dapat membantu kamu untuk mempertahankan tujuan makan sehat, lo.

Menurut sebuah studi 2011 dari Universitas Purdue, capsaicin (komponen aktif yang membuat cabai panas/pedas) dapat membantu kamu mencegah kenaikan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa partisipan yang makan makanan kaya akan capsaicin memiliki lebih sedikit menginginkan makanan berlemak, asin, dan manis. Kamu bisa menambahkan cabai di telur dadar, salad, atau ditumis, bahkan bisa langsung digigit.

6. Yoghurt

Ingin Perut Rata? Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini
Yoghurt sangat baik untuk usus (Foto: pixalab/ponce_photography)


Yoghurt itu sangat baik untuk usus kamu. Yoghurt mengandung probiotik yang bermanfaat dan membantu menyeimbangkan mikroflora dan mencegah kembung.

Mengonsumsi yoghurt juga dapat meningkatkan perasaan kenyang, itu berkat 17 gram protein per sajian, bahkan kasiatnya hampir tiga kali lipat dari yang ada di dalam telur. (sel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH