Ingin Paru-paru Sehat? Konsumsi 5 Makanan Ini Ingin paru-paru sehat? (Foto: Pixabay/geralt)

PARU-paru adalah salah satu organ tubuh yang penting. Ia memainkan peran penting dalam membantu fungsi tubuh dengan baik. Sayangnya meningkatnya polusi udara dan populasi perokok, membuat semakin banyak jenis penyakit pernapasan seperti asma, cystic fibrosis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). WHO mencatat paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun.

Terlalu banyak terpapar polusi udara dapat menyebabkan lendir berkumpul di paru-paru. Akibatnya patogen dan mikroba, membuat dada kamu terasa penuh dan sesak. Nah, untuk mengurangi masalah tersebut mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu solusinya. Dilansir dari Boldsky, berikut ini 5 makanan yang mampu melindungi paru-paru kamu dari bahaya polusi berbahaya.

Baca juga:

Menghilangkan Ketombe Secara Kilat

1. Apel

Apel (Foto: Boldsky)
Apel (Foto: Boldsky)

Apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang dikenal untuk mengurangi peradangan di saluran pernafasan. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan European Respiratory Journal menemukan bahwa anak-anak yang minum segelas jus apel setiap hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah mengi.

2. Teh hijau

Teh hijau (Foto: Boldsky)
Teh hijau (Foto: Boldsky)

Teh hijau sarat dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru dan menyembuhkannya. Quercetin antioksidan bertindak sebagai antihistamin alami untuk memperlambat pelepasan histamin, penyebab gejala alergi.

Ada sebuah studi menarik pada tahun 2017 di Korea Selatan. Penelitian dilakukan ke 1.000 orang dewasa dan diminta untuk minum dua cangkir teh hijau per hari. Hasilnya mereka memiliki fungsi paru-paru lebih baik, daripada yang tidak minum teh hijau.

Baca juga:

Manfaat dari Bubuk Kakao, Bisa Buat Diet

3. Ikan

Ikan (Foto: Boldsky)
Ikan (Foto: Boldsky)

Ikan seperti makarel, trout, sarden, dan herring dapat membantu mengobati penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Menurut para peneliti di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Rochester, asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan dapat membantu tubuh melawan infeksi paru-paru.

4. Kacang dan biji

Kacang kacangan (Foto: Boldsky)
Kacang kacangan (Foto: Boldsky)

Kacang dan biji adalah makanan super lain untuk paru-paru. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kacang walnut, pistachio, kacang Brazil dan hazelnut memberikan tubuh kamu banyak magnesium, mineral penting yang bertindak sebagai bronkodilator. Hal yang sama juga terjadi saat kamu mengonsumsi biji-bijian seperti biji labu, biji rami, dan biji bunga matahari.

5. Brokoli

Brokoli (Foto: Boldsky)
Brokoli (Foto: Boldsky)

Brokoli mengandung senyawa bernama sulforaphane. Senyawa ini meningkatkan aktivitas gen di dalam sel paru-paru yang melindungi organ dari kerusakan akibat stres oksidatif. Ini juga meningkatkan aliran udara di paru-paru pada penderita asma.

Baca juga:

Punya Banyak Manfaat, Air Mawar Ampuh Menjaga Keindahan Rambut


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani