Ingin Panjang Umur? Lakukan Hal Ini Gaya hidup sehat (Foto: Pixabay/klimkin)

HIDUP sehat harus menjadi bagian dari gaya hidupmu. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan aspek penting. Jika kamu memiliki pola hidup sehat maka kamu akan hidup nyaman dengan terhindar dari segala penyakit.

Dilansir dari Boldsky, tidak memiliki gaya hidup sehat akan meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke dan kanker. Guna mengurangi risiko kesehatan ini, yang perlu kamu lakukan hanyalah melihat kebiasaan kecil namun efektif yang dimiliki orang-orang dengan gaya hidup sehat di dunia ini. Apa saja itu?

Baca juga:

Makanan yang Wajib Dihindari Saat Tengah Malam

1. Tidak merokok

Tidak merokok (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)
Tidak merokok (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Berhenti merokok dapat membuatmu lebih sehat dan memperpanjang usiamu. Merokok, ganja, dan bahkan asap lainnya tidak dianggap aman dan merusak paru-paru. Hal itu juga terjadi pada perokok pasif. Bahkan diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung 25 hingga 30% lebih tinggi, menurut American Heart Association. Jadi mulai sekarang jauhi asap!

2 Pola makan nabati

Makan sayuran (Foto: Pixabay/silviarita)
Makan sayuran (Foto: Pixabay/silviarita)

Masukan makanan nabati ke dalam menu kamu seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran. Semua itu akan menurunkan risiko penyakit kronis. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, makanan nabati mengurangi risiko kardiovaskular sebesar 16% dan kematian dini sebesar 25%.

Baca juga:

Deretan Zodiak yang Paling Setia, Cocok Dijadikan Pendamping Hidup

3. Berolahraga secara teratur

Berolahraga (Foto: Pixabay/klimkin)
Berolahraga (Foto: Pixabay/klimkin)

Aktivitas fisik diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan denyut jantung dan berfungsinya bagian tubuh lain. Kamu tak harus pergi ke tempat gym, karena kamu bisa melakukannya di mana saja. Kamu dapat melakukan latihan intensitas rendah seperti berjalan,naik sepeda, dan sebagainya.

4. Mengonsumsi ikan

Mengonsumsi ikan (Foto: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)
Mengonsumsi ikan (Foto: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)

Menurut Academy of Nutrition and Diabetics, ikan mengandung asam lemak omega 3 yang diketahui memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian di Clinical Gastroenterology and Hepatology, mengkonsumsi ikan dapat menurunkan risiko kanker usus.

5. Bersosialisasi

Memiliki hubungan baik ke orang sekitar (Foto: Pixabay/MabelAmber)
Memiliki hubungan baik ke orang sekitar (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Memiliki hubungan baik dan dekat dengan keluarga dan teman membuat kamu bahagia, yang pada gilirannya membantu menjalani kehidupan yang sehat. Menurut para peneliti di Duke-NUS Medical School, Singapura, peningkatan kebahagiaan terkait langsung dengan penurunan angka kematian.

Baca juga:

Apakah Migrain dan Sakit Kepala Sebelah Kondisi Berbeda?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH