Ingin Menikah Setelah Lebaran? Perhatikan Hal Berikut agar tidak Menyesal Nikah setelah lebaran (Sumber: Pixabay/maya_7966)

BULAN Ramadhan hampir usai dan akan digantikan oleh bulan Syawal. Bulan Syawal sering disebut sebagai "musim kawin". Penyebabnya karena banyak orang yang merencanakan hari bahagia mereka pascalebaran. Sebagai bagian paling sakral dalam kehidupan manusia, pernikahan selalu disambut dengan suka cita. Tak pelak orang-orang rela menggelontorkan dana cukup fantastis agar pernikahannya berkesan. Namun pernikahan harus dipersiapkan dengan cermat agar anggaran dana yang dikeluarkan tidak berlebihan. Ternyata, ada beberapa hal yang membuat pengantin menyesal mengalokasikan dana besar untuknya. Apa saja itu? Berikut pengeluaran besar pernikahan yang membuat pengantin menyesal:

1. Undangan

Undangan Pernikahan
Undangan pernikahan (Sumber: Design Shack)

Undangan menjadi media seseorang untuk mengumumkan hari pernikahannya. Supaya orang lebih bersemangat untuk datang ke pesta pernikahan, orang-orang rela mengeluarkan nominal tidak sedikit untuk membuat undangan yang cantik. Desain undangan yang cantik diperkuat dengan pemilihan kertas yang berkualitas. Semakin bagus kertas undangan yang dipilih maka semakin mahal harganya. Setelah undangan diberikan, undanganmu hanya akan berakhir di tempat sampah. Relakah kamu mengeluarkan nominal fantastis untuk sesuatu yang hanya akan berakhir di tempat sampah?
2. Dekorasi
Dekorasi pernikahan
Dekorasi pernikahan (Sumber: Tulips Events)
Setiap orang tentu memiliki pernikahan impian cantik bak negeri dongeng. Keinginan untuk mewujudkan impian tersebut biasanya di mulai dengan mengalokasikan dana besar untuk dekorasi. Semakin cantik dekorasi yang diinginkan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Jika kamu ingin pernikahan yang sesuai konsep, pihak vendor akan mengeluarkan effort lebih untuk mewujudkannya. Artinya, akan ada biaya ekstra yang harus kamu bayarkan demi kerja keras mereka. Pengeluaran akan semakin membengkak jika kamu ingin menggunakan bunga segar. Harga bunga-bunga segar cukup mahal loh. Setelah hajatanmu selesai digelar, dekorasi dan bunga-bunga tersebut akan menjadi rongsokan. Supaya tidak menyesal, gunakan saja dekorasi yang sudah dimiliki oleh pihak vendor. Biasanya vendor menyediakan berbagai macam pilihan dekorasi yang bisa kamu gunakan.

3. Make-Up dan Gaun

Gaun pernikahan
Gaun pernikahan cantik (Sumber: Art in Arnhem)

Sebagai "ratu dan raja" sehari, kamu tentu ingin membuat tamu berkesan dengan penampilanmu. Para tamu juga akan penasaran bagaimana rupamu di hari bahagia. Keinginan untuk tampil istimewa membuat pengantin harus mengeluarkan dana tak kalah istimewa pula untuk penampilan. Kamu pun akan mencari make-up artist paling berkualitas dan menyiapkan gaun pengantin paling cantik untuk hari bahagiamu. Namun perlu diketahui, semakin bagus track record make-up artist semakin mahal pula biaya sewa jasanya. Kamu harus mengeluarkan puluhan juta untuk menyewa jasanya. Belum lagi jika kamu berniat membuat gaun yang spesial.

4. Souvenir

Souvenir pernikahan
Souvenir pernikahan (Sumber: Wedding Wire)

Selain penampilan memesona, pengantin tentu ingin memberikan kenang-kenangan yang manis untuk tamu undangan. Salah satunya dengan souvenir yang cantik. Beberapa pengantin rela mengeluarkan dana lebih tampa memerhatikan nilai guna dari souvenir tersebut. Akibatnya, souvenir akan terabaikan oleh tamu begitu mereka tiba di rumah. Sayang kan? Sebelumnya pastikan souvenir yang diberikan berguna bagi para tamu.

5. Katering

Katering
Katering saat pesta (Sumber: The Rustic Catering Co.)

Hal utama yang selalu menjadi perhatian banyak orang saat pernikahan adalah katering. Biasanya, jumlah katering dua kali lipat dibandingkan jumlah tamu undangan. Hal tersebut karena tamu yang kita undang akan membawa pasangan atau keluarga ke acara pernikahan. Untuk itu perkirakan tamu yang akan diundang dengan cermat karena akan berpengaruh pada katering yang kita pesan. Jangan sampai katering yang kita pesan sia-sia karena jumlahnya tidak sesuai dengan tamu. Jika kamu memilih hari bahagia setelah lebaran, kamu harus lebih mempertimbangkannya karena bisa jadi tamu yang kamu undang masih di kampung halaman.
Itulah beberapa pengeluaran dalam pesta pernikahan yang bisa membuat pengantin menyesal karena telah mengalokasikan dana besar. Pikirkan kembali. Jangan sampai selebrasi sesaat mempengaruhi keuangan rumah tangga setelah menikah.
Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH