Ingin Menggeluti Hobi Resin? Yuk Gabung ke Resin Art Forum Indonesia (RAFI) Meja resin. (Foto DIY Happy)

RESIN merupakan material kimiawi bening bahan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Beragam kerajinan bisa dihasilkan dari resin, mulai dari perhiasan, pajangan, diorama, maupun furnitur. Resin banyak digemari karena mudah dibentuk dan bisa diberi warna sesuka hati.

Aksesoris dari resin. (Foto GlassCast Resin)
Aksesoris dari resin. (Foto GlassCast Resin)

Dari kecintaan terhadap resin, T. Herwandhi selaku pengrajin resin asal Jepara dan beberapa pengrajin lainnya memutuskan untuk mendirikan komunitas pecinta resin bernama RAFI atau Resin Art Forum Indonesia.

Telah terbentuk sejak 17 januari 2017, saat ini RAFI tberanggotakan lebih dari 15,400 pengguna di grup Facebook. Mulai dari pemula sampai ahli, komunitas ini diharapkan bisa menjadi wadah berdiskusi terkait resin dan pengaplikasiannya.

Baca juga:

Pemain Pemula, ini nih Kisi-Kisi Perawatan Ikan Cupang

Telah menggeluti kerajinan resin sejak 1999, Herwandhi awalnya fokus pada resin fiber untuk modifikasi motor. Seiring dengan berjalannya waktu, muncul jenis-jenis resin baru, seperti clear resin yang bisa digunakan untuk kerajinan tangan lain, seperti aksesoris semacam cincin, gelang, liontin dan lain-lain.

Hasil kreasi lain seperti furniart juga diminati banyak orang. Furniart merupakan kombinasi antara furniture dan seni resin yang bisa menghasilkan meja, kursi, nampan, dan lain-lain.

furniart meja. (Foto Istimewa)
furniart meja. (Foto Istimewa)

Tidak hanya dari dunia maya, komunitas ini juga telah melakukan berbagai kegiatan nyata dengan berbagai pihak. RAFI telah menyelenggarakan pelatihan berbayar yang bisa diikuti para pengrajin dan pehobi resin dari berbagai kalangan termasuk teman-teman komunitas difabel. Pelatihan umum akan dikenakan biaya sedangkan pelatihan bagi teman-teman difabel diselenggarakan secara sukarela.

Furniart meja kecil. (Foto Istimewa)
Furniart meja kecil. (Foto Istimewa)

RAFI sudah melakukan pelatihan di berbagai daerah, khususnya pulau Jawa. Rencana selanjutnya, RAFI akan melakukan pelatihan di luar pulau Jawa seperti Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca juga:

Franchise Terbesar Pizza Hut dan Wendy's di AS Bangkrut Karena COVID-19

"Sebenarnya target tahun ini ada beberapa daerah yang ingin diberikan pelatihan, yang sudah terlaksana di Bandung, dan bulan maret seharusnya diadakan di Jakarta," ungkap Herwandhi. Namun, pandemi COVID-19 membuat RAFI harus menunda pelatihan di Jakarta.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh  RAFI. (Foto Istimewa)
Pelatihan yang diselenggarakan oleh RAFI. (Foto Istimewa)

Herwandhi juga telah memberikan tips bermain resin bagi para pemula. Ia mengatakan harus mengenali jenis resin serta penggunaannya terlebih dahulu karena masing-masing jenis memiliki karakter berbeda-beda.

Rencananya RAFI akan mengadakan pelatihan di Jakarta. (Foto Istimewa)
Rencananya RAFI akan mengadakan pelatihan di Jakarta. (Foto Istimewa)

"Dan wajib di ingat, karena resin termasuk bahan kimia, maka sebelum terjun atau praktek usahakan kondisi kita sehat dan tidak memiliki gangguan kesehatan, terutama masalah pernafasan dan alergi," tambah Herwandhi.

Baca juga:

Mengenal Resin, Bahan Kimia yang Bisa Memperluas Kreativitasmu


Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH