Ingin Membantu Kaum Difabel? Bacakan Buku Melalui Aplikasi Ayobaca.in Aplikasi Ayobaca.in yang sedang didemonstrasikan ini berguna untuk Anda yang ingin membacakan buku bagi para penyandang difabel. (Foto: XL Axiata)

Manfaatkan Ramadan kali ini untuk melakukan hal-hal bermanfaat bagi sesama. Jika belum dapat ide apa yang akan dilakukan, Anda bisa menggunakan aplikasi Ayobaca.in. Aplikasi ini mempertemukan orang-orang dengan kaum difabel. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membacakan buku untuk didengarkan mereka.

Ayobaca.in bekerja dengan cara mengonversi rekaman suara Anda menjadi buku audio dalam bentuk CD agar bisa didengarkan oleh kaum difabel. Selanjutnya, CD-CD tersebut akan didistribusikan Yayasan Mitra Netra dan PERTUNI ke berbagai yayasan dan perpustakaan khusus tunanetra.

Aplikasi Ayobaca.in merupakan karya sekelompok mahasiswa Indonesia yang diprakarsai Deka Komanda Yogyantara, Razii Abraham, Claristy, Debora Valentini Br Ginting, dan Ferry Fernando. Mereka adalah alumni Program XL Future Leaders (XLFL) angkatan ke-3.

Para alumni XLFL ini berkolaborasi dengan mahasiswa dari luar XLFL, yakni Velta Azizah Destiana dan Risyad Ridho Hasbullah, mengembangkan aplikasi keren ini.

Saat ini Ayobaca.in memuat buku pelajaran sekolah, modul, komik dan novel. Tertarik? Unduh saja di smartphone Android Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya melalui www.ayobaca.in. Mulai Juni 2017, aplikasi ini juga dapat Anda unduh di gadget berbasis iOS.



Rina Garmina