Ingin Jadi Tour Leader? Pastikan Kamu Punya Kualitas Ini Menjadi tour leader handal (Sumber: PGL)

ANTUSIASME masyarakat dalam travelling beberapa tahun belakangan ini membuat profesi tour leader begitu menjanjikan. Banyak orang yang mendadak jadi agen travel atau membuka jasa opentrip. Jika kamu salah satu orang yang tertarik dengan pekerjaan ini, ada beberapa skill dasar yang wajib kamu miliki. Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki agar bisa menjadi tour leader andal.

1. Keterampilan Riset Destinasi

tour leader
Cari tahu seluk beluk destinasi wisata (Sumber: PGL)

Seorang tour leader harus memiliki kemampuan riset yang mumpuni. Tak hanya riset lokasi wisata mainstream, mereka juga harus mampu menemukan destinasi-destinasi tak terduga supaya wisatawan yang menjadi peserta tur mendapat pengalaman yang berbeda walau mengunjungi destinasi yang umum. "Harus paham tempat-tempat menarik yang ada di sekitar. Misalnya, di samping hotel ada makanan yang enak, unik, dan murah, tour leader harus mengajak pesertanya untuk makan di sana. Jadi ketika pulang mereka punya cerita baru yang bisa dibagikan ke teman-teman dan keluarga. Pengalaman positif membuat mereka secara sadar atau tidak akan merekomendasikan agen perjalanan yang kita hadle," urai tour leader senior, Tedjo Iskandar saat ditemui di Hotel Ibis Gading Serpong, Sabtu (3/8).

2. Mengatur Kebutuhan Dasar Peserta

tour leader
Pesan kamar hotel untuk seluruh peserta (Sumber: Jinisys Software)

Tour leader harus bisa mengatur kebutuhan dasar peserta seperti menentukan kamar peserta, membantu proses check indan check out di imigrasi hingga mengatur tempat duduk. Dalam praktiknya, proses mengatur kebutuhan ini tak selalu berjalan mudah. Tedjo menuturkan ada saja peserta yang ingin tukar tempat duduk atau tukar kamar. "Ini adalah situasi yang wajar terjadi. Supaya mempermudah proses distribusi kunci kamar, kita harus bersikap tegas," tuturnya.

3. Baca Peta

Baca peta
Baca peta (Sumber: Driving Tests)

Saat ini, keberadaan Google Map atau Waze mempermudah perjalanan. Namun demikian Tedjo menyarankan seorang tour leader untuk tidak ketergantungan dengan Google Map. Bisa saja kita berhadapan dengan situasi darurat misalnya baterai lemah atau ponsel hilang. "Kita harus bisa membaca peta untuk mempermudah supir yang membawa. Kalau kemampuan membaca peta lemah, supir akan kesal. Mood buruk si supir bisa mempengaruhi kelancaran perjalanan," jelas Tedjo.

4. Menguasai Lokasi

Menguasai lokasi wisata
Cari informasi di internet (Sumber: Cubicles)

Menguasai lokasi bukan hanya tahu letak suatu tempat rekreasi atau bisa membaca peta saja. Seorang tour leader juga harus paham sejarah atau asal usul dari setiap sudut destinasi wisata. Supaya peserta tidak bosan dengan penjabaran yang disampaikan, kita bisa menjelaskannya secara tersirat. "Informasi seputar tempat wisata bisa disampaikan kapan saja misalnya saat jam bebas. Saya biasanya akan berkata, ibu bapak nanti kita berkumpul lagi di bawah patung Wilhelmina ya. Ibu tahu tidak Wilhelmina siapa? Wilhelmina adalah Ratu Belanda yang memimpin pada tahun sekian. Penjelasan yang disampaikan bertahap biasanya akan lebih diterima oleh otak," ungkap Tedjo. Sebelum pergi, cari informasi tentang lokasi wisata.

5. Kemampuan Bahasa Asing

Tour leader
Tour leader (Sumber: Fluent in 3 Month)

Nah poin ini yang paling tidak boleh dilewatkan ya! Jika kamu berencana membuka perjalanan ke luar negeri, kemampuan bahasa asing menjadi bekal yang harus di bawa. Minimal kita bisa menguasai bahasa Inggris. Jika negara tujuan tidak menggunakan Bahasa Inggris, pahami beberapa kata dasar seperti menanyakan toilet atau restoran, terima kasih, dan lain sebagainya.

Selain membuat kita dekat dengan penduduk secara emosional, kemampuan bahasa asing juga bisa membuat penduduk lokal lebih menghargai kita. "Kadangkala kita dihadapkan pada situasi yang tidak menyenangkan seperti diperlakukan kurang menyenangkan oleh penduduk. Ketika kita fasih berbicara bahasa lokal, biasanya mereka lebih segan dan respect pada kita," terang Tedjo.(avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH