Ingin Ginjal Sehat? Konsumsi Makanan Ini

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 05 Februari 2020
Ingin Ginjal Sehat? Konsumsi Makanan Ini
Ingin injal sehat? (Foto: Pixabay/silviarita)

GINJAL adalah organ penting yang berfungsi untuk mengeluarkan produk limbah dari darah dan mengatur kadar cairan dalam tubuh. Agar ginjal kamu tetap sehat dan berfungsi dengan baik, kamu harus mengonsumsi makanan yang memang baik untuk ginjalmu.

Menghindari lemak, makanan olahan yang mengandung natrium dan lemak jenuh dalam jumlah berlebihan merupakan langkah penting dalam merawat organ ini. Selain itu ada sayuran tertentu yang mampu membersihkan, memurnikan, melindungi dan meningkatkan kinerja ginjalkamu.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini sayuran yang mampu menjaga kesehatan ginjal.

Baca juga:

Semangka Singkirkan Kanker Prostat

1. Kubis

Kubis (Foto: Boldsky)
Kubis (Foto: Boldsky)

Dikemas dengan phytochemical, sayuran ini membantu memecah radikal bebas sebelum mereka merusak tubuhmu. Kubis kaya akan vitamin K, vitamin C dan serat. Ia juga merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik. Rendahnya jumlah kalium dalam kubis menjadikannya tambahan yang terjangkau untuk diet ramah ginjal.

2. Paprika merah

Paprika merah (Foto: Boldsky)
Paprika merah (Foto: Boldsky)


Paprika merah dikenal sebagai sayuran ramah ginjal karena kandungan potasiumnya yang rendah. Paprika merah mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C, A dan B6 dan nutrisi lain seperti asam folat dan serat yang penting untuk kesehatan ginjal. Kamu bisa makan paprika merah dengan menambahkannya di salad atau memakannya mentah.

Baca juga:

Minuman Bersoda Bisa Memicu Diabetes? Ini Penjelasan Ilmiahnya


3. Bawang putih

Bawang putih (Foto: Boldsky)
Bawang putih (Foto: Boldsky)

Bawang putih membantu meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan karena sifat diuretiknya. Diuretik membantu mengeluarkan natrium dan air berlebih dari tubuh melalui buang air kecil. Bawang putih juga dapat melindungi ginjal dari efek berbahaya logam berat seperti timah. Bumbu ini juga memiliki kekuatan untuk mengurangi peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh, menurunkan kolesterol dan bertindak sebagai antibiotik alami.

4. Kembang kol

Kembang kol (Foto: Boldsky)
Kembang kol (Foto: Boldsky)

Kembang kol adalah sayuran lain yang bagus untuk diet ramah ginjal. Sayuran ini mengandung asam folat dan serat. Ia mampu membersihkan ginjal serta memperkuatnya. Kembang kol adalah sayuran rendah kalium yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal kronis.

Baca juga:

Ini Dampak yang Terjadi Jika Kamu Kelebihan Asupan Vitamin C

#Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan