Ingin Gabung TPP, Jokowi Dinilai Tergesa-Gesa

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 17 November 2015
Ingin Gabung TPP, Jokowi Dinilai Tergesa-Gesa
Wakil Ketua Umum Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Perbankan dan Finansial Rosan Roeslani (Foto Twitter)

MerahPutih Bisnis - Pemerintah dinilai tergesa-gesa dengan membicarakan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama soal rencana bergabung dengan Trans-Pacific Partnership (TPP) atau Kemitraan Dagang Asia Pasifik. 

Wakil Ketua Umum Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Perbankan dan Finansial Rosan Roeslani mengatakan sebelum mengambil keputusan untuk bergabung dalam TPP, sebaiknya pemerintah terlebih dahulu melakukan langkah diskusi dengan para pengusaha di Tanah Air.

"Langkah diskusi ini maksudnya bukan untuk saling berdebat, tetapi lebih pada langkah kajian bersama yang melibatkan dunia usaha, dan juga Asosiasi," ujar Rosan saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Senin (16/11).

Menurut Rosan, hal ini sangat disayangkan karena pemerintah tidak melewati proses kajian bersama sebelum bergabung di TPP tersebut. Ia melihat dampak dari langkah yang tergesah-gesah akan menyebabkan banyak timbul permaslahan di kalangan pengusaha Tanah Air.

"Saya berharap agar kedepannya pemerintah jangan terlalu mengambil keputusan terutama terkait dengan keputusan-keputusan besar yang berdampak pada masyarakat luas," terangnya.

Oleh karena itu, lanjutanya, pihaknya meminta kepada pemeirntah hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan para pengusaha, Asosiasi, dan juga Kadin jika ingin mengambil suatu kebijakan dan Kadin beserta dengan para pengusaha akan berupaya lebih mendekatkan diri dengan pemerintah.

"Apabila ada kerjasama dan komunikasi yang baik di antara para pengusaha, Kadin dan juga pemerintah,semua persoalan yang ada di dunia usaha dapat di diskusikan dan dicari jalan keluarnya," pungkasnya. (abi) 

BACA JUGA:

  1. Jika Gabung TPP, Faisal Basri Usul Dibentuk Kementerian Baru
  2. Teks Perjanjian TPP Setebal 2.000 Halaman Rampung
  3. Masuk TPP, Fadli Zon: Indonesia Belum Siap
  4. Jika Dipaksakan Gabung TPP, Jokowi Bikin BUMN Bangkrut
  5. Jokowi Minat Ikut TPP, Firmanzah Angkat Bicara
#Kadin #Kemitraan Trans Pasifik (TPP) #Trans-Pacific Partnership (TPP)
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan