Ingin Coba MacOS Big Sur Public Beta? Ini Cara Instalasinya Peluncuran macos big sur public beta (Foto: laman resmi Apple)

PADA Juli lalu, Apple mengumumkan kalau public beta iOS 14 dan iPadOS 14 sudah bisa dicoba untuk pengguna iPhone dan iPad. Menariknya, WWDC 2020 lalu, Apple juga mengumumkan sistem operasi terbaru untuk MacOS, yaitu MacOS Big Sur.

Melansir dari 9to5mac, pada 6 Agustus 2020, MacOS Big Sur public beta sudah bisa dicoba untuk pengguna Mac. MacOS Big Sur memiliki tampilan yang terbarukan dan berbeda dari versi sebelumnya. Salah satunya penambahan Widgets dan 'the next level Safari' yang memberikan pengalaman baru. Selain itu masih banyak fitur menarik lainnya pada Big Sur ini.

Baca juga:

Tesla Luncurkan Layanan Wrapping Mobil Resmi untuk yang Ingin Tampil Beda

MacOS bersifat beta atau sistem operasi yang belum cukup stabil. Maka, tidak dianjurkan di-install jika Mac kamu sedang banyak melakukan pekerjaan seperti tugas kantor atau kuliah. Karena, bisa secara tiba-tiba sistem blank atau crash saat melakukan pekerjaan di sistem operasi Big Sur public beta.

Lalu, jika kamu hanya ingin mencoba fitur-fitur terbarunya, kamu bisa mengikuti langkah instalasi berikut. Agar lebih aman, wajib melakukan back-up Mac kamu. Tujuannya agar file kamu tetap tersimpan kalau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga:

Canggih, Kamera Nikon Kini Bisa Jadi Webcam

1. Kunjungi laman resmi Apple (https://beta.apple.com/sp/betaprogram/)

2. Jika belum pernah menggunakan sistem operasi beta Apple, maka harus sign up menggunakan Apple ID kamu. Setelah log in, klik "Enroll Your Devices" pada pojok kanan atas di laman yang telah kamu buka tadi.

Cara instalasi big sur public beta (Foto: laman resmi Apple)
Cara instalasi big sur public beta (Foto: laman resmi Apple)

3. Lalu, klik "MacOS"

4. Setelah itu, scroll kebawah dan klik "Download the MacOS Public Beta Access Utility."

5. Terakhir, menuju "Software Update" di Mac kamu untuk instalasi Big Sur Public Beta.

6. Mac akan mendownload sistem operasi beta sebanyak 12.3 GB

Berikut cara mudah menginstalasi sistem operasi terbaru MacOS. Sebagai tambahan, kalau kamu sudah menggunakan public beta pada MacOS sebelumnya yaitu Mojave atau Catalina, maka secara otomatis update Big Sur public beda akan muncul secara otomatis pada "Software Update" kamu. (Ray)

Baca juga:

Nvidia Siap Rilis GeForce RTX 30 dan Seri Ampere


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH