Ingin Berwisata ke Meksiko, Baca Tips Ini Dulu Piramida di Meksiko (Sumber: Pixabay/FlavioMoura)

Meksiko memang bukan menjadi salah satu tujuan favorit pelangcong Indonesia saat ingin berwisata ke luar negeri. Meski demikian bukan berarti negara Amerika Latin ini ta layak dikunjungi loh. Ada banyak segudang destinasi alam dan sejarah di sana, misalnya Danau Pink Las Coloradas, Gua Kristal Raksasa hingga reruntuhan suku Maya.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Meksiko untuk pertama kalinya, tak ada salahnya untuk membaca beberapa tips berikut. Dengan begitu perjalananmu ke Meksiko akan lebih menyenangkan dan tidak canggung bertemu penduduk lokal di sana.

1. Pintu toilet bertanda huruf "M" bukan untuk pria

Toilet huruf M bukan untuk pria (Sumber: Pixabay.KangDooHo)
Toilet huruf M bukan untuk pria (Sumber: Pixabay.KangDooHo)

Di negara lain saat kamu melihat toilet dengan huruf "M" di depannya pasti akan langsung berpikir toilet tersebut khusus untuk pria. Karena biasanya "M" berarti "Male".

Namun hal itu tidak terjadi di Meksiko yang memiliki bahasa nasional Spanyol. Di sana toilet dengan tanda "M" (Mujeres) atau Perempuan, sementara untuk pria ditandi huruf "H" (Hombres) atau "C" (Caballeros).

2. Kamu akan diberikan selembar kertas, jangan dibuang!

Kamu akan diberi selembar kertas (Sumber: Pixabay/Pamjpat)
Kamu akan diberi selembar kertas (Sumber: Pixabay/Pamjpat)

Hal pertama yang terjadi saat kamu tiba di Meksiko adalah petugas imigrasi memeriksa paspormu dan menstempelnya. Setelah itu ia akan memberikan selembar kertas formulir untuk kamu isi.

Nantinya ada sebagian kertas yang dipegang oleh petugas dan ada juga ditempelkannya ke paspor. Nah, kertas ini yang tidak boleh hilang. Karena saat kamu meninggalkan Meksiko kertas itu akan diminta kembali.

3. Coba jajal menggunakan bus

Jajal pergunakan bus (Sumber: Busbud)
Jajal pergunakan bus (Sumber: Busbud)

Meksiko adalah negara yang jauh lebih besar daripada yang disadari kebanyakan orang, sehingga untuk mengelilinginya bukanlah perkara mudah. Nah, salah satu solusinya mungkin menggunakan pesawat.

Namun, kalau kamu ingin merasakan sensasi berbeda tak ada salahnya menaiki bus. Apalagi di sana bus memiliki sistem beberapa kelas. Kelas paling tinggi adalah pertama (primero) dan platinum (platino). Bus tersebut memiliki kursi yang nyaman dengan toilet seperti di pesawat.

4. Jangan takut soal keamanan di Meksiko

Jangan khawatir soal keamanan (Sumber: Pixabay/RyanMcGuire)
Jangan khawatir soal keamanan (Sumber: Pixabay/RyanMcGuire)

Meksiko mendapat banyak perhatian negatif di bidang keamanan baru-baru ini terutama soal tindakan kriminal bagi wisatawan. Hal itu mungkin benar, namun hanya berlaku di beberapa kota saja, sisanya kamu akan aman.

Terbukti jutaan wisatawan berkunjung ke Meksiko setiap tahunnya dan insiden kekerasan terhadap pelancong sangat jarang. Sektor pariwisata adalah bisnis besar di sana sehingga pihak pemerintah akan berusaha untuk melindungi wisatawan. Selain itu orang-orang Meksiko dikenal sangat ramah.

5. Tetap menggunakan asuransi

Coba gunaan asuransi agar lebih aman (Sumber: Pixabay/mohamed_hassan)
Coba gunaan asuransi agar lebih aman (Sumber: Pixabay/mohamed_hassan)

Meksiko memang negara yang aman untuk wisatawan mancanegara, namun bukan berarti kamu tidak memiliki risiko saat berada di sana. Mungkin saja kamu terserang sakit karena terlalu santai atau mengalami kecelakaan saat berwisata.

Oleh karena itu tak ada salahnya melindungi dirimu dengan asuransi. Dengan asuransi perjalanan tentu akan memberikan rasa aman.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH