Inggris Siapkan Jutaan Alat Tes COVID-19 Rumahan Untuk Warga Inggris dikabarkan tengah menyiapkan alat tes COVID-10 rumahan untuk warga (Foto: pixabay/tumisu)

SAAT INI seluruh dunia tengah waspada terhadap pandemi virus COVID-19. Hal itu lantaran penyebarannya yang terbilang sangat cepat. Beberapa negara pun melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari kota Wuhan, Tiongkok itu.

Melansir The Guardian, Inggris bersiap untuk merilis sebuah alat tes COVID-19 rumahan. Dengan begitu, setiap warga dapat melakukan pengecekan kesehatan di rumah masing-masing.

Public Health England mengumumkan alat tes COVID-19 tersebut mudah digunakan. Caranya dengan mengambil sampel darah pada jari. Seperti alat tes gula darah, alat tersebut menusuk jari untuk mengeluarkan setetes darah. Kemudian, sampel darah akan dianalisis oleh perangkat itu untuk membuktikan apakah ada virus Corona atau tidak.

Baca Juga:

Bosan #DiRumahAja, Rich Brian Lakukan 'Freestyle' Lagu 'Tokyo Drift'

Pengadaan alat tersebut salah satu bentuk upaya Inggris mencegah penyebaran COVID-19 (Foto: pixabay/syaibatulhamdi)

Berbeda dengan flu, salah satu masalah dari virus Corona yakni beberapa orang yang terinfeksi virus Corona kemungkinan tak menunjukan gejala atau tanda-tanda. Artinya kamu bisa saja merasa sehat dan baik-baik saja meski terinfeksi virus. Akibatnya, tidak menutup kemungkinan kamu bisa menyebarkan virus ke orang lain. Oleh karena itu melakukan tes amat penting.

Baca Juga:

Banjirnya Tantangan Unggah Foto Positif di Tengah COVID-19

Ilustrasi alat pengetesan corona yang dikabarkan mirip pengetesan diabetes (Foto: pixabay/tessaphotography)

Namun, sejauh ini masih dilakukan beberapa pengujian tentang keakuratan alat tes dan apakah efektif digunakan oleh warga biasa. "Kami harus mengevaluasi apakah tes ini cukup akurat untuk digunakan oleh masyarakat umum. Jika akurat, kami akan mencari cara tercepat untuk merilisnya, namun jika tak akurat, kami belum akan meluncurkan satupun dari tes kit ini," urai Chief Medical Officer, Chris Whitty.

Lebih lanjut, Whitty menambahkan, setelah melakukan pengujian, alat tersebut akan langsung dibagikan ke masyarakat. "Usai diuji minggu ini dan sebagian tes kit tiba, baru akan didistribusikan pada masyarakat," tukasnya. (ryn)

Baca Juga:

F1 Batal Digelar Akibat Virus Corona, Para Pembalap Balapan Online di Game

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala