Inggris Gunakan Vaksin Flu di Tengah Pandemi COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 23 Oktober 2020
Inggris Gunakan Vaksin Flu di Tengah Pandemi COVID-19
PM Inggris Boris Johnson (kiri) mendapat suntikan anti-flu di kantornya di Downing Street. ANTARA FOTO/Jeremy Selwyn/Pool via REUTERS/wsj.

MerahPutih.com - Inggris mengizinkan penggunaan sementara vaksin flu Flublok dan sudah memesan jutaan dosis.

Inggris berupaya memberikan lebih banyak vaksin kepada masyarakat selama pandemi COVID-19.

Lonjakan permintaan vaksin untuk mencegah flu musim dingin menyebabkan krisis di sejumlah kota Eropa, sehingga meningkatkan risiko kemunculan "pandemi ganda" yang berpotensi menyebabkan kematian saat infeksi COVID-19 meningkat.

Baca Juga:

Jawa Barat Butuh 72 Juta Vaksin COVID-19

Inggris menargetkan vaksinasi bagi lebih dari 30 juta orang, hampir separuh dari populasi. Pemerintah juga mengatakan akan memberikan otorisasi penyediaan Flublok yang digunakan di Amerika Serikat selama tiga musim dingin terakhir.

"Flublok biasa digunakan di Amerika Serikat dan bukti menunjukkan bahwa produk itu sangat bagus," kata wakil kepala badan penasihat medis Inggris, Jonathan Van Tam, dikutip Antara.

Ilustrasi flu. (Foto: MP/Pixabay.com/nastya_gepp)
Ilustrasi flu. (Foto: MP/Pixabay.com/nastya_gepp)

"Saya ingin memastikan kepada semua pihak bahwa seluruh vaksin telah melewati uji klinis yang dapat dipercaya dan pemeriksaan ketat dari regulator untuk memastikan bahwa vaksin aman, efektif dan berkualitas tinggi."

Baca Juga:

Vaksin Corona Bukan untuk Mengobati Penyakit

Flublok mengantongi izin untuk pasokan sementara dari Badan Regulasi Obat dan Kesehatan (MHRA).

MHRA berwenang mengambil langkah demikian setelah sebuah obat dapat dipastikan aman dan efektif dalam merespons ancaman terhadap kesehatan masyarakat.
Regulator diberikan kewenangan ekstra selama pandemi, seperti juga dapat memberikan izin sementara atas vaksin COVID-19 apa pun yang memenuhi keamanan dan standar kualitas sebelum mendapatkan lisensi penuh. (*)

Baca Juga:

Satgas Janji Berikan Informasi Akurat Soal Vaksin COVID-19

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan