Inggris dan Kroasia Duel Pemain Penuh Pengalaman versus Debutan Predikis Inggris vs Kroasia dalam laga Semifinal Piala Dunia 2018 (Foto: metro.co.uk)

MerahPutih.Com - Laga semifinal Piala Dunia 2018 antara Inggris versus Kroasia yang akan berlangsung Kamis (12/7) dini hari nanti lebih dari sekadar perebutan satu tempat di babak final. Pertandingan yang akan dihelat di Stadion Luzhniki, Moskow itu menghadirkan duel pemain penuh pengalaman melawan pemain debutan.

Mari periksa statistik pemain Kroasia versus Inggris dari pengalaman kedua tim dalam turnamen besar. Dari kubu Kroasia, dalam catatan BBC.com mengungkapkan sekitar 13 orang dari 23 pemain skuat asuhan Zlatko Dalic sudah pernah bermain di Piala Dunia sebelumnya. Sementara Inggris hanya Jordan Henderson dan Raheem Sterling yang pernah rutin ikut bermain pada Piala 2014 di Brazil sementara tiga lainnya penghangat bangku cadangan.

Bukan hanya itu, dari segi usia skuat Kroasia diisi pemain-pemain berusia matang dengan rata-rata 29,1 tahun sedangkan Inggris 25,1 tahun. Mantan penyerang Timnas Inggris Alan Shearer tak bisa menyembunyikan kecemasannya atas fakta minimnya pengalaman pemain Inggris.

Harry Kane vs Luka Modric
Pertarungan kematangan antara Luka Modric vs Harry Kane (Foto: metro.co.uk)

"Agak mencemaskan memang, 17 pemain dari skuat Inggris di Piala Dunia 2018 belum lahir pada saat Inggris tersingkir dari Jerman Barat pada laga semifinal 28 tahun yang lalu di Turin, "ungkap Shearer.

Fakta ini begitu kontras dengan Kroasia yang saat bentrok dengan Rusia pada Sabtu lalu menurunkan delapan pemain senior yang usianya di atas 28 tahun seperti Luka Modric (32), Ivan Ratikic (30), Ivan Perisic (29), dan Mario Mandzukic (32).

Kroasia selalu menurunkan pemain-pemain berpengalaman di setiap pertandingan, termasuk Modric yang rutin merumput sejak babak penyisihan grup.

Skuat Inggris pada kenyataannya didominasi pemain debutan termasuk saat tim asuhan Gareth Southgate itu membekuk Swedia 2-0 dalam babak perempat final pada Sabtu lalu. Hanya Ashley Young yang jadi pemain tertua dan berpengalaman di dalam laga tersebut dibandingkan para pemain lain yang baru merasakan pertandingan perempat final.

"Skuat ini penuh energi dan masih muda, tentu ada semangat yang berapi-api serta mereka merasa bahagia jika dilibatkan, "terang Shearer sebelum Piala Dunia Rusia bergulir.

Grafik pengalaman Internasional pemain Inggris dan Kroasia
Grafik perbandingan pengalaman pemain di turnamen internasional Inggris dan Kroasia (Foto: BBC Sport)

Dari grafik di atas, para penggawa Timnas Kroasia lebih superior dari segi pengalaman internasional. Modric, misalnya sudah tiga kali mengikuti Piala Dunia sementara Rakitic, Mandzukic dan Perisic sudah dua kali bermain di turnamen empat tahunan FIFA tersebut.

Kwartet pemain Kroasia itu sudah menjalani 366 caps pertandingan internasional. Jumlahnya 32 kali lebih banyak dari kombinasi 12 pemain Inggris yang berposisi sebagai gelandang dan penyerang.

Sekarang dari produktivitas gol. Skuat Inggris boleh berbangga hati bahwa Harry Kane cs menjadi tim tersubur kedua di Piala Dunia 2018 setelah Belgia yang sudah tersingkir. Harry Kane memimpin dengan enam torehan gol. Tapi jangan lupa, Kroasia sudah melesakan 10 gol selama Piala Dunia berlangsung dan delapan pemain berbeda sudah mencetak gol. Modric, Rebic, Rakitic, Badelj, Perisic, Mandzukic, Kramaric dan Vida masing-masing melesakan satu gol.

Perbandingan Gol Inggris vs Kroasia
Statistik Pertandingan Inggris vs Kroasia (Foto: BBC Sport)

Ketika Inggris gagal membobol gawang Belgia di penyisihan grup, Kroasia sudah menjaringkan gol dri sembilan pertandingan Piala Dunia, sebuah pencapaian yang hampir sama dengan Piala Dunia 2006.

Dari statistik dan pengalaman para pemain, apakah yang akan terjadi pada laga Inggris vs Kroasia nanti malam?

"Kita tahu, free kick dan tendangan sudut akan menyulitkan Kroasia tapi saya lihat mereka (Kroasia) tidak merisaukan hal tersebut, "kata Alan Shearer.

Legenda Tiimnas Inggris dan Newcastle United Alan Shearer
Alan Shearer percaya skuat muda Inggris bisa redam Kroasia (Foto: express.co.uk)

Legenda Newcastle United itu menambahkan bahwa Kroasia memiliki pemain matang dan bertalenta seperti Modric dan Rakitic, namun jika melihat kondisi mereka pada saat babak tambahan waktu kontra Rusia, Inggris bisa meredam keduanya.

"Kita respek kepada mereka lantaran kualitas yang dimiliki tapi kita seharusnya tak perlu takut dan saya yakin para pemain Inggris akan melakukanya, "pungkas Shearer.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Gol Tunggal Umtiti Antar Prancis ke Final Piala Dunia 2018



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH