Inggris Bangun Robotarium Nasional

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 05 Maret 2021
Inggris Bangun Robotarium Nasional
Teknologi canggih menciptakan sebuah robot, (Foto: bbc.com)

PEMERINTAH Inggris rencananya akan membuka secara resmi gedung robotarium nasional di lingkungan Universitas Heriot-Watt, Edinburgh pada tahun 2022. Gedung ini memiliki desain berkualitas dari perusahaan swasta global yang bergerak di bidang teknologi.

Karena letaknya yang berada di perbatasan antara kota Edinburgh dan tenggara Skotlandia, pembangunan ini juga melibatkan pemerintahan Skotlandia, yang saat ini telah masuk dalam tahap pembangunan konstruksi. Seorang pimpinan akademis, Profesor Helen Hastie, mengatakan robotarium nasional menjadi peran penting bagi dunia penelitian.

Baca juga:

Razer Luncurkan Anzu, Kacamata Cangih dengan Speaker

“Memanfaatkan bakat kelas dunia dari staf di Heriot-Watt dan mitra kolaboratif kami, Universitas Edinburgh, bersama mahasiswa di Pusat Pelatihan Doktor dalam Robotika dan Sistem Otonomi, Robotarium Nasional akan membentuk sebuah pusat keunggulan untuk penelitian dasar dan pertukaran pengetahuan untuk mengatasi tantangan dunia nyata dan kebutuhan industri dan sekitarnya”, ujar Hastie seperti dilansir laman londonnewstime.

Teknologi canggih menciptakan sebuah robot, (Foto: bbc.com)
Teknologi canggih menciptakan sebuah robot, (Foto: bbc.com)

Sedangkan rekan akademisi yang bekerja sama dengan Hastie, profesor Yvan Petillot, mengatakan gedung robotarium nasional memiliki manfaat besar bagi perkembangan pengetahuan dan teknologi di Inggris.

“Dengan menyatukan akademisi dan perusahaan global, fasilitas ini akan menjadi katalisator untuk kewirausahaan dan diharapkan memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan ke Edinburgh, Inggris. Gedung baru ini akan memfasilitasi pendekatan kolaboratif yang merupakan inti dari etos Robotarium Nasional, membantu mempercepat penelitian dari laboratorium ke pasar dan membuka jalan bagi Inggris untuk mengambil peran kepemimpinan dalam teknoloogi robotika,” tutur Petillot.

Baca juga:

Qualcomm Luncurkan Snapdragon Sound

Tidak hanya teknologi robotika, gedung ini memiliki penelitian juga di bidang teknologi pertanian serta manufaktur. Terdapat tiga area penelitian khusus seperti sistem Robotika Otonomi (RAS), interaksi manusia dan robotika (HRI), dan manufaktur presisi tinggi. Direktur perusahaan konstruksi yang merancang gedung robotarium nasional, David Cairns, mengatakan ruangan di setiap robotarium dilengkapi dengan teknologi tercanggih untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar.

Robotarium nasional memiliki ruangan khusus bagi penelitian, (Foto: bbc.com)
Robotarium nasional memiliki ruangan khusus bagi penelitian, (Foto: bbc.com)

“Komitmen terhadap keberlanjutan dan kesejahteraan staf dan mahasiswanya berarti fasilitas tersebut akan dilengkapi dengan teknologi tercanggih untuk efisiensi energi dan produksi serta akan sangat membanggakan ruang hijau”, ujar David seperti dilansir laman BBC.

Robotarium nasional menjadi bagian dari program pemerintah Inggris untuk memperkuat bidang teknologi dari berbagai inovasi yang ada. (Ard)

Baca juga:

Snapdragon 870 5G untuk Performa Kencang

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan