Saat Melancong ke Luar Negeri Cari Pelembab yang Cocok Pelembab buatan dalam negeri akan membuat kulit semakin kering di luar negeri (Foto: Pexels/Porapak Apichodilok)

KESEHATAN kulit wajib banget kamu jaga, termasuk saat pergi melancong. Kamu harus tetap melakukan perawatan kulit sambil menikmati destinasi wisata pilihan. Menurut dermatologist Dr Eddy Karta, SpKK, sangat penting menggunakan pelembap wajah agar kulit tidak menjadi kering saat melancong.

Bahkan, menurutnya, pelembap harus digunakan saat melancong menggunakan pesawat. Ketinggian dapat membuat kulit semakin kering. Hal tersebut juga berlaku jika menggunakan transportasi jenis lain yang memiliki mesin pendingin atau AC.

Kulit yang terpapar angin dari mesin pendingin akan semakin kering. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk mengggunakan pelembap sejak pertama kali menaiki moda transportasi. "Pakai pelembab terus semenjak dari naik pesawat atau kalau naik kendaraan karena kena AC terus," ujarnya kepada Merahputih.com dalam peluncuran NovAge Men dari Oriflame, di Plaza Indonesia, Rabu (12/9).

Gunakan pelembap semanjak menaiki pesawat. (Foto: Pexels/Josh Sorensen)

Yang harus diingat, pilihan produk pelembap kamu juga jarus tepat. Salah satunya, tidak menggunakan produk pelembap kulit yang ada di dalam negeri jika tujuan wisata kamu ialah luar negeri. Masalahnya, kondisi cuaca di setiap negara tentu berbeda. Alhasil, para produsen produk pelembab di setiap negara sudah menyiapkan kandungan yang sesuai pada produk mereka dengan kondisi iklim di sana.

Pelembap yang ada di negara dengan iklim dingin mengandung lebih banyak minyak. Berbeda dengan pelembab di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Jika pelembap produk Indonesia digunakan saat di luar negeri, kulit akan menjadi semakin kering. "Kalau kita bawa body lotion dari sini, kulitnya makin kering. Karena body lotion itu sifatnya menarik air jadi memang dikhususkan di negara tropis," tambahnya.

Perbanyak minum air putih saat tiba di tujuan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Ia pun memberikan contoh sebaliknya dengan menggunakan minyak bulu domba dari Australia. Pelembab dari 'Negeri Kangguru' itu tidak akan melembapkan kulit jika digunakan di Indonesia. Sebaliknya, produk itu akan membuat kulit berjerawat. "Banyak orang yang membawa minyak bulu domba dari Australia, hasilnya akan jerawatan pasti," ujar dokter yang berpraktik di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, itu.

Namun, berbeda dengan cuaca dingin yang ada di Indonesia. Bagaimanapun juga wilayah Indonesia memiliki iklim tropis. Dengan begitu, tidak menjadi masalah menggunakan pelembap produk lokal di wilayah Indonesia yang bercuaca dingin.

Lebih lanjut, ia menyarankan agar banyak mengonsumsi air putih dan menghindari minuman beralkohol serta mengurangi minuman manis setibanya sampai di tujuan. Gunanya ialah menjaga kelembaban kulit. Ia pun mengingatkan agar para pelancong menggunakan tabir surya jika mengunjungi tempat yang panas. "Pakai pelembap sebelum tidur dan tabir surya di siang hari," tutupnya.(ikh)

Baca juga: Tips Mencegah Jerawat Bagi Pengendara Motor

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH