Ingat Pengalaman Jokowi, PDIP Tidak Akan Sendirian Usung Capres-Cawapres 2024

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 16 April 2023
Ingat Pengalaman Jokowi, PDIP Tidak Akan Sendirian Usung Capres-Cawapres 2024
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - PDI Perjuangan (PDIP) tidak alergi membangun kerja sama politik menyambut Pilpres 2024. Partai berlambang banteng moncong putih itu siap membentuk poros dengan partai lain demi mengusung kandidat capres-cawapres.

Hal itu diungkapkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ketika menjawab pertanyaan awak media di Sekolah Partai, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (15/4) malam.

"Spirit PDI Perjuangan dalam membangun kerja sama itu dengan gotong royong. Itu saripati Pancasila yang menjadi kultur bangsa," kata Hasto.

Baca Juga:

PDIP Tolak Penggunaan Politik Identitas Demi Kekuasaan

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu mengatakan, kerja sama dalam politik secara empiris diperlukan mengingat peristiwa setelah Pilpres 2014.

Hasto bercerita Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika terpilih pada Pilpres 2014 hanya didukung partai yang memiliki kursi 20 persen di DPR.

Dampaknya, kata pria kelahiran Yogyakarta itu, konsolidasi pemerintahan era Jokowi setelah Pilpres 2014 sedikit terhambat.

"Secara empiris menunjukkan 2014 pemerintahan Pak Jokowi konsolidasinya terhambat hingga satu setengah tahun karena berbagai manuver kerja sama pragmatis di DPR," ujarnya.

Baca Juga:

Politikus PDIP Sebut Koalisi Besar Segera Terbentuk

Namun, Hasto berharap, kerja sama politik menuju Pilpres 2024 yang dibangun PDIP tidak bersifat pragmatis dan harus mengedepankan agenda pemerintahan ke depan.

"Misalnya terkait dengan pangan. PDI Perjuangan mendorong kedaulatan pangan, sehingga akan sulit bekerja sama dengan partai yang hobinya impor pangan. Jadi, kami dorong kedaulatan pangan dari hulu ke hilir. Ini sebagai platform yang harus dibahas dalam kerja sama politik," ujarnya.

Selain itu, kata Hasto, pembicaraan kerja sama politik makin menguat setelah sosok capres dan cawapres diumumkan oleh parpol.

"Baru kemudian akan terjadi peningkatan frekuensi di dalam membangun kerja sama tersebut dan nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri yang memimpin secara langsung dan tentu saja bersama Pak Jokowi karena beliau juga dari PDI Perjuangan," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga:

Aria Bima Ungkap Arahan Megawati Rapat Tertutup Fraksi PDIP

#PDIP #Hasto Kristiyanto #Pilpres #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan