Ingat Candaan "Segede Gaban"? Tengok Tokoh Jepang di Balik Humor 90-an itu Pemeran Gavan, Kenji Ohba. (Foto: Instagram/Wikimedia)

GENERASI era 90-an semestinya ingat candaan "segede Gaban". Istilah itu biasanya dilontarkan setiap kali sebagai ungkapan hiperbola saat melihat benda berukuran besar.

Kata "Gaban" pada candaan tersebut muncul dari nama tokoh superhero Jepang, Gavan, yang populer pada era 80 hingga 90-an. Di Indonesia, Gavan dikenal sejak serial televisi "Space Sheriff Gavan" ditayangkan. Sang superhero bernama Gavan atau biasa disebut Gaban ini memiliki kekuatan besar ketika menghadapi musuhnya yang berbentuk monster.

Tokoh Gavan generasi pertama yang muncul pada 80-an diperankan Kenji Ohba. Saat ini Ohba sedang berada di Indonesia untuk menjumpai para penggemarnya di acara Popcon Asia 2017. Kenji yang kini berusia 62 tahun, masih berperan sebagai Gavan pada film "Space Sheriff Gavan: The Movie" di tahun 2012 lalu.

Suka duka jadi Gavan

Tak terasa, seri pertama Gavan telah berusia 35 tahun. Ohba pun mengenang suka dukanya selamam memerankan tokoh Gavan. Mulai dari cedera kaki saat pengambilan gambar hingga belajar beladiri memberi kesan tersendiri di hatinya.

"Pernah kaki kanan luka. Hampir seperti patah, jadi merepotkan staf. Saya jadi tidak enak," ungkap Ohba.

Kecelakaan itu ia alami saat memainkan adegan berkelahi. Keseriusan Ohba dalam memerankan tokoh Gavan diikuti penerusnya, Yumi Ishigaki. "Saya belajar dari Gavan versi Kenji Ohba," terang Ishigaki.

Sama seperti Ohba, Ishigaki juga sekarang tengah berada di Indonesia. Bersama-sama dengan Ohba, Gavan generasi kedua itu akan menjumpai penggemar mereka di Tanah Air. (*)

Sumber: ANTARA

Baca artikel sebelumnya mengenai rencana kehadiran Kenji Ohba di Popcon Asia: Popcon Asia 2017 Hadirkan Aktor Kenji Ohba.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH