Otomotif

Ingat, Ban Sepeda Motor Harus Layak Pakai

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 06 September 2021
Ingat, Ban Sepeda Motor Harus Layak Pakai
Cek kelayakan ban motor sangat penting bagi pengendara (Foto: pixabay/skica911)

LUANGKAN waktu untuk memeriksa kondisi ban sepeda motor. Tiap hari kamu pakai, belum lagi jarak tempuhnya Jakarta-Gading Serpong, tentu membuat ban sepeda motor butuh perhatian untuk memastikan masih layak pakai atau tidak.

Ban berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, serta melindungi pelek sepeda motor dari kerusakan. Sayangnya, banyak pengendara malas memerhatikan kondisi ban. Prinsipnya yang penting 'motor bisa jalan' tanpa mengindahkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Lalu bagaimana cara memastikan kondisi ban sepeda motor masih layak pakai? Dimuat di kabaroto.com, Ade Rohman selaku Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan ada beberapa cara untuk memeriksa kondisi ban sepeda motor.

Baca Juga:

Apa Sih Fungsi Oli Mobil?

Ada sejumlah tips mudah untuk melakukan pengecekan ban. (Foto: kabaroto.com)

Pertama ialah cek tanda batas keausan. Pada ban sepeda motor memiliki indikasi Tread Wear Indicator (TWI), atau tanda batas keausan ban yang menandakan masih layak dipakai atau tidak. Apabila kembang telah menyentuh tanda segitiga TWI, maka disarankan bagi pengendara sepeda motor untuk segera mengganti ban. Hal tersebut akan memengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Baca Juga:

Tips Ampuh Bersihkan Jok Mobil Sesuai dengan Materialnya

Tips yang kedua cek jarak batas pemakaian. Biasanya ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis. Apabila telah mencapai batas pemakaian yakni 12.000 km, disarankan ban segera diganti dengan yang baru. Tapi, angka itu bukan merupakan patokan pasti, karena usia ban bisa dipengaruhi dengan berbagai medan jalan yang dilalui, berat muatan, dan cara pemakaian sepeda motor sehari-hari.

Apabila kamu merasa sudah tidak nyaman ketika berkendara di jalan, itu dapat menjadi tanda kualitas ban yang telah menurun. Segera bawa ke bengkel untuk diperiksa dan dipastikan ban tersebut layak dipakai atau tidak.

Tips yang ketiga yakni perhatikan usia pakai ban motor. Biasanya, usia ban motor yang direkomendasikan maksimal dua tahun. Apabila lebih dari itu, disarankan segera diganti, meski tingkat keausan ban belum mencapai batas waktu untuk diganti.

Kenali ban yang masih layak pakai atau tidak layak pakai, demi keselamatan dalam berkendara. (Foto: kabaroto.com)

Ban motor yang telah melebihi batas usia pakai, bisa mengalami sejumlah kendala. Seperti halnya daya cengkram yang kurang maksimal, hingga menyebabkan keretakan di sejumlah permukaan ban.

Tips yang keempat yakni perhatikan apabila ban sering bocor. Apabila ban sudah pernah mengalami kebocoran lebih dari tiga kali, seperti terkena paku dan sebagainya, disarankan untuk segera diganti.

Perlu kamu ketahui juga ada dua jenis ban sepeda motor, tube tire dan Tubeless. Tube tire masih menggunakan ban dalam. Ban jenis ini bisa digunakan pada sejumlah model pelek, dari mulai Cast Wheel hingga Spoke Wheel.

Sedangkan ban tubeless, dirancang tanpa menggunakan ban dalam. Ban tubeless boleh dibilang lebih praktis karena tidak perlu menunggu lama menambalnya jika bocor. (ryn)

Baca Juga:

Tips Aman Mengemudi Mobil untuk Mencegah Paparan COVID-19

#Otomotif #Tips Otomotif #Motor #Sepeda Motor
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan