Otomotif
Ingat, Ban Sepeda Motor Harus Layak Pakai Cek kelayakan ban motor sangat penting bagi pengendara (Foto: pixabay/skica911)

LUANGKAN waktu untuk memeriksa kondisi ban sepeda motor. Tiap hari kamu pakai, belum lagi jarak tempuhnya Jakarta-Gading Serpong, tentu membuat ban sepeda motor butuh perhatian untuk memastikan masih layak pakai atau tidak.

Ban berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, serta melindungi pelek sepeda motor dari kerusakan. Sayangnya, banyak pengendara malas memerhatikan kondisi ban. Prinsipnya yang penting 'motor bisa jalan' tanpa mengindahkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Lalu bagaimana cara memastikan kondisi ban sepeda motor masih layak pakai? Dimuat di kabaroto.com, Ade Rohman selaku Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan ada beberapa cara untuk memeriksa kondisi ban sepeda motor.

Baca Juga:

Apa Sih Fungsi Oli Mobil?

Ada sejumlah tips mudah untuk melakukan pengecekan ban. (Foto: kabaroto.com)

Pertama ialah cek tanda batas keausan. Pada ban sepeda motor memiliki indikasi Tread Wear Indicator (TWI), atau tanda batas keausan ban yang menandakan masih layak dipakai atau tidak. Apabila kembang telah menyentuh tanda segitiga TWI, maka disarankan bagi pengendara sepeda motor untuk segera mengganti ban. Hal tersebut akan memengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Baca Juga:

Tips Ampuh Bersihkan Jok Mobil Sesuai dengan Materialnya

Tips yang kedua cek jarak batas pemakaian. Biasanya ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis. Apabila telah mencapai batas pemakaian yakni 12.000 km, disarankan ban segera diganti dengan yang baru. Tapi, angka itu bukan merupakan patokan pasti, karena usia ban bisa dipengaruhi dengan berbagai medan jalan yang dilalui, berat muatan, dan cara pemakaian sepeda motor sehari-hari.

Apabila kamu merasa sudah tidak nyaman ketika berkendara di jalan, itu dapat menjadi tanda kualitas ban yang telah menurun. Segera bawa ke bengkel untuk diperiksa dan dipastikan ban tersebut layak dipakai atau tidak.

Tips yang ketiga yakni perhatikan usia pakai ban motor. Biasanya, usia ban motor yang direkomendasikan maksimal dua tahun. Apabila lebih dari itu, disarankan segera diganti, meski tingkat keausan ban belum mencapai batas waktu untuk diganti.

Kenali ban yang masih layak pakai atau tidak layak pakai, demi keselamatan dalam berkendara. (Foto: kabaroto.com)

Ban motor yang telah melebihi batas usia pakai, bisa mengalami sejumlah kendala. Seperti halnya daya cengkram yang kurang maksimal, hingga menyebabkan keretakan di sejumlah permukaan ban.

Tips yang keempat yakni perhatikan apabila ban sering bocor. Apabila ban sudah pernah mengalami kebocoran lebih dari tiga kali, seperti terkena paku dan sebagainya, disarankan untuk segera diganti.

Perlu kamu ketahui juga ada dua jenis ban sepeda motor, tube tire dan Tubeless. Tube tire masih menggunakan ban dalam. Ban jenis ini bisa digunakan pada sejumlah model pelek, dari mulai Cast Wheel hingga Spoke Wheel.

Sedangkan ban tubeless, dirancang tanpa menggunakan ban dalam. Ban tubeless boleh dibilang lebih praktis karena tidak perlu menunggu lama menambalnya jika bocor. (ryn)

Baca Juga:

Tips Aman Mengemudi Mobil untuk Mencegah Paparan COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fakta-Fakta Menarik Andy /rif
ShowBiz
Fakta-Fakta Menarik Andy /rif

Sebelum berkecimpung di jagat musik tanah air, rupanya musisi berusia 53 tahun tersebut pernah hampir terjun ke dunia lain yang berbeda dengan musik.

Usai Mudik, Jangan Lupa Cek Komponen Motor Ini
Hiburan & Gaya Hidup
Usai Mudik, Jangan Lupa Cek Komponen Motor Ini

Setelah melakukan perjalanan mudik, pastikan sudah mengecek beberapa komponen motor agar tetap optimal.

Papelwrap, Alternatif Bubble Wrap yang Lebih Ramah Lingkungan
Hiburan & Gaya Hidup
Papelwrap, Alternatif Bubble Wrap yang Lebih Ramah Lingkungan

Papelwrap dibuat untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, karena terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan

Cassandra Kisahkan Cinta yang Salah Lewat 'Selangkah Menjauh'
ShowBiz
Cassandra Kisahkan Cinta yang Salah Lewat 'Selangkah Menjauh'

Grup Band Cassandra yang dikenal dengan hit 'Cinta Terbaik', baru saja merilis sebuah single terbaru mereka yang bertajuk 'Selangkah Menjauh'

Cara Berdamai Mahasiswa Angkatan Pandemi Ketika Jenuh Kuliah Online
Hiburan & Gaya Hidup
Asam Jawa Bermanfaat Mengendalikan Detak Jantung
Fun
Asam Jawa Bermanfaat Mengendalikan Detak Jantung

asam jawa menurut badan kesehatan dunia (WHO) kaya akan asam amino esensial.

Enam Tahun Absen dari Kalender Event, Rock In Solo 2021 Kini Kembali Hadir
ShowBiz
Enam Tahun Absen dari Kalender Event, Rock In Solo 2021 Kini Kembali Hadir

Rock In Solo tahun ini bakal menampilkan band metal asal Kota Solo, Down For Life.

Volkswagen Akhirnya Siap Luncurkan ID Buzz
Fun
Volkswagen Akhirnya Siap Luncurkan ID Buzz

ID Buzz adalah versi listrik dari microbus Volkswagen.

Ed Sheeran, Liam Gallagher, dan Doja Cat  akan Tampil di Brit Awards
ShowBiz
Ed Sheeran, Liam Gallagher, dan Doja Cat akan Tampil di Brit Awards

Brit Award dijadwalkan berlangsung langsung di O2 Arena London pada 8 Februari.

Developer Sebut 'Elden Ring'  Sukses Berkat Kontribusi George RR Martin
Fun
Developer Sebut 'Elden Ring' Sukses Berkat Kontribusi George RR Martin

George RR Martin menginspirasi developer 'Elden Ring'.