Info Sehat Kerap Bikin Bingung. Adakah Kebenaran di Dalamnya?

P Suryo RP Suryo R - Senin, 04 September 2017
Info Sehat Kerap Bikin Bingung. Adakah Kebenaran di Dalamnya?
Ada beberapa sayuran yang harus dimasak dan ada yang dimakan mentah tergantung manfaatnya. (Foto: sdeximports)

HARUS diakui ribuan informasi membanjiri masyarakat saat ini Terutama adalah informasi mengenai kesehatan dan kebugaran tubuh. Info tersebut langsung saja ditelan oleh masyarakat, sebab mereka merasa yang dituliskan itu mewakili situasi dan kondisi mereka saat itu. Adakah kebenaran di dalamnya?

Wine

Meminum alkohol melebihi batas tidak pernah ada kebaikannya. Apalagi kemudian menjalankan kendaraan bermotor, sangat, sangat salah. Namun berapa banyak gelas wine yang dapat atau diperbolehkan dikonsumsi dalam sehari?

Ukuran yang jelasnya mungkin tidak ada karena adanya pembatasan jumlah kadar alkohol di dalam tubuh. Namun menurut mirror.co.uk, sehari seorang pria memiliki pembatasan hingga 3-4 gelas wine dalam sehari, sedangkan untuk wanita hanya 2-3 gelas saja.

Adapula informasi yang menyebutkan seseorang memiliki toleransi sampai 14 gelas wine dalam seminggu. Jadi kalau dipecah dalam waktu hari, maka seseorang hanya diperbolehkan mengonsumsi wine hanya 2 gelas sehari. Paling tidak sebotol setengah yang dapat dihabiskan dalam seminggu itu. Sedangkan perempuan hamil tidak diperbolehkan sama sekali meminum alkohol.

Susu

Berkembang informasi tentang susu yang tidak baik untuk kesehatan. Banyak yang kemudian beralih ke susu tumbuhan seperti susu kedelei. Tapi Linda Foster, nurtisionis, menyebutkan di mirror.co.uk, bahwa susu adalah makanan penuh nutrisi. Termasuk makanan penting dalam menu makanan kita. Terutama adalah kalsiumnya yang dapat membantu kesehatan tulang. Di samping itu susu hanya memiliki nilai 4% lemak dan mengandung banyak vitamin seperti A, D, E dan K. Tentunya jika alergi terhadap susu hewani, disarankan meminum susu tumbuhan.

Air

Air sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia, utamanya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal dan menjaga kelembab kulit. Konsumsi air yang cukup adalah jawaban yang tepat. Mengenai jumlah sebenarnya masih terjadi perdebatan. Sebab manusia sendiri sepanjang hari mengonsumsi banyak air, biasanya datang dari makanan, juga jenis-jenis minuman lainnya. Hanya saja jika Anda buang air kecil dan melihat air seni Anda berwarna kegelapan, maka Anda mengalami dehidrasi. Kelebihan air tidak baik bagi tubuh, karena akan menurunkan sodium di dalam tubuh.

Tidur 8 Jam

Benarkah seseorang harus tidur 8 jam di waktu malam? Informasi yang beredar bila tidak memenuhi kuota itu seseorang cenderung mengalami insomnia atau demensia. Namun menurut pakar tidur, Dr. Guy Meadows, setiap orang memiliki perbedaan dalam memenuhi kebutuhan tidur. Ada yang hanya butuh waktu empat jam sudah mencukupi waktu istirahatnya. Adapula yang butuh 10 jam tidur demi memenuhi masa istirahatnya. Yang seharusnya adalah kualitas tidur yang baik ditentukan ketika seseorang bangun dalam kondisi sehat dan bugar.

Juice

Juice buah selalu menjadi pilihan orang untuk menyegarkan badan. Sehatkah juice buah? Menurut sebagian orang tidak ada masalah karena dasar pembuatannya adalah buah. Konsultan diet, Dr Susan Jebb mengatakan bahwa sudah saatnya orang menghentikan mengonsumsi juice.

Masalahnya juice itu sama sekali tidak ada serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan melepaskan gula buah atau fruktos yang harus diproses oleh hati. Padahal fruktos dapat membuat hati menghentikan tugasnya, alhasil berpotensi menjadi masalah kesehatan. Seperti obesitas dan diabetes tipe 2. Jadi sebaiknya buah diblender sehingga masih ada manfaat dari serat-seratnya.

Sayur Mentah

Sayur selayaknya dikonsumsi mentah, demikian ungkap Linda. Sebab memasak sayuran hanya akan membuang semua manfaat kebaikan di dalam sayur. Yang paling nyata adalah hilangnya vitamin C. Tapi berbeda dengan wortel, bayam, jamur dan kubis malah memberikan manfaat antioksidan yang baik setelah dimasak. Pendapat lain lain dari Linda juga dituliskan di mirror.co.uk, bahwa sayuran yang dimasak membuat sayuran melunak dan memudahkan tubuh mengambil nutrisi dari dalamnya.

Sinar Matahari

Lebih dari dua dekade pendapat pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa sinar matahari membuka peluang seseorang berisiko terkena kanker kulit. Solusinya adalah jangan berjemur dan selalu memakai krim anti matahari. Sayangnya kemudian permasalahan baru muncul, banyak orang kekurangan vitamin D karena menghindari sinar matahari. Padahal vitamin D berguna untuk kesehatan tulang, jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Gandum

Roti yang berbahan gandum banyak dihindari orang saat ini. Alasannya untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Namun pakar kesehatan belum menemukan hasil yang pasti tentang itu. Namun ceritanya lain bila dokter menemukan adanya gangguan kesehatan tubuh ketika mengonsumsi gandum. Kandungan gandum adalah protein, serat dan vitamin B.

Daging Merah

Kandungan gizi yang ada pada daging merah meliputi zat besi, zinc, vitamin A, D, magnesium, selenium dan potasium. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan daging merah sebagai penyebab kanker. Yang salah adalah proses pengolahan daging merah menjadi produk turunan seperti sosis, ham dan lain-lain. (psr)

#Sayur Dan Buah #Susu #Sayur Mayur #Daging
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan