Inflasi Melonjak, Suku Bunga Pinjaman Bank Besar Naik Tajam

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 16 Juni 2022
Inflasi Melonjak, Suku Bunga Pinjaman Bank Besar Naik Tajam
Ilustrasi uang rupiah. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Suku bunga pinjaman atau kredit bank besar di dunia, naik sebesar 75 basis poin menjadi 4,75 persen. Hal ini sesuai dengan kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed).

Beberapa bank besar yang menaikkan suku bunga antaranya, JPMorgan Chase & Co, Citigroup Inc dan Wells Fargo & Co.Kenaikan ini berlaku mulai Kamis (16/6).

Baca Juga:

Harga Kebutuhan Bergejolak, Dalam Lima Bulan Inflasi Telah Capai 2,56 Persen

The Fed menaikkan suku bunga targetnya sebesar tiga perempat poin persentase, terbesar oleh bank sentral AS sejak 1994, karena berusaha menjinakkan inflasi yang panas.

Inflasi saat ini, telah menjadi isu politik panas dan mulai memburuk dengan adanya perang di Ukraina, memukul sentimen pasar dan menumpuk tekanan pada rantai pasokan yang sudah babak belur.

Dana Moneter Internasional (IMF) dan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) memaparkan, inflasi mencapai level tertinggi dalam 40 tahun terakhir, sebesar 9,0 persen pada April, akan melampaui 10 persen akhir tahun ini.

Bank Sentral Inggris (BoE) juga, mengesampingkan kekhawatirannya tentang perlambatan tajam dalam ekonomi Inggris dan menaikkan suku bunga lagi pada Kamis (16/6) untuk mengatasi tingkat inflasi agar di jalur dua digit.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman menyatakan pelemahan ekonomi global dan domestik menjadi tantangan terhadap percepatan pembangunan infrastruktur.

"Pelemahan kondisi ekonomi global dan domestik menjadi tantangan kita dalam melaksanakan percepatan pembangunan infrastruktur," katanya dilansir Antara. (*)

Baca Juga:

Cara Sri Mulyani Tekan Inflasi di Tahun 2023

#Perbankan #Bank #Suku Bunga Acuan
Bagikan
Bagikan