Industri Penerbangan Tanah Air Mulai Bangkit Setelah Hantaman Hebat Pandemi Pesawat Super Air Jet disambut prosesi water salute (penyiraman air) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (18/11/2021). (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

MerahPutih.com - Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung kurang lebih 2,5 tahun menghantam dengan hebat perekonomian Indonesia, tak terkecuali industri penerbangan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyatakan bahwa industri penerbangan mulai bangkit kembali setelah terdampak cukup signifikan akibat pandemi COVID-19.

“Kita ketahui, pandemi membuat pergerakan pesawat, jumlah penumpang dan kargo di semua bandara mengalami penurunan yang signifikan. Sekarang industri penerbangan kembali menggeliat," kata Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono di Jakarta, Selasa (20/9).

Baca Juga:

Pandemi Terkendali, Masyarakat Masih Penting Gunakan Masker

Nur Isnin menjelaskan, berdasarkan data industri penerbangan global yakni International Air Transport Association (IATA), momentum pemulihan lalu lintas penerbangan global mulai menguat.

Pada Juni 2022, lalu lintas penerbangan domestik maupun internasional sudah mencapai rata-rata 70 persen jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi (tahun 2019).

Dengan rincian, lalu lintas penerbangan domestik mencapai 81 persen dan lalu lintas penerbangan internasional mencapai 65 persen.

Menurutnya, penurunan penumpang pada masa pandemi berlangsung sejalan dengan pengetatan mobilitas pergerakan orang, untuk menjaga protokol kesehatan.

Situasi dan kondisi pandemi inilah yang menyebabkan sejumlah maskapai penerbangan mengurangi armada dan menutup rute-rute yang tidak padat, untuk mengurangi biaya operasional.

Sebagai contoh Bandara Kertajati, sebelum pandemi sudah ada penerbangan. Namun sejak pandemi, penerbangan komersial penumpang di bandara ini secara bertahap berkurang, dan saat ini melayani penerbangan untuk kargo.

“Mulai November nanti, Bandara Kertajati bersiap melayani penerbangan komersial dan rencananya akan digunakan juga untuk melayani penerbangan umrah,” ujarnya, seperti dikutip Antara.

Baca Juga:

Jokowi Belum Tetapkan Pandemi di RI Berakhir, 2.518 Orang Terinfeksi COVID-19 Hari Ini

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa Ditjen Perhubungan Udara akan terus mengupayakan agar para maskapai kembali membuka rute-rute penerbangan untuk melayani penumpang dari dan menuju Kertajati.

Apalagi dengan adanya rencana operasional Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) pada bulan Oktober 2022, akan sangat membantu pemulihan lebih cepat di Bandara Kertajati lantaran kehadiran jalan tol tersebut memungkinkan perjalanan dari Bandung ke Kertajati hanya dalam satu jam.

Sedangkan Bandara Halim Perdanakusuma saat ini juga sudah mulai melayani penerbangan komersial usai dilakukan revitalisasi dalam rangka menjaga keselamatan penerbangan dan juga dipersiapkan untuk event Presidensi G20 Indonesia.

Sementara itu beberapa bandara kecil di Pulau Jawa juga mulai pulih di antaranya Bandara Ngloram di Blora, Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga dan Bandara Wiriadinata di Tasikmalaya.

“Ini menjadi awal yang baik, sehingga rute-rute penerbangan dari Halim bisa kembali dibuka,” ucap Isnin.

Ia menambahkan, perlu waktu untuk mengembalikan sektor penerbangan pada kondisi sebelum pandemi, di mana saat ini jumlah pesawat masih sangat terbatas.

Dibanding sebelum pandemi, jumlah pesawat kita yang siap beroperasi, tinggal 55 persen sampai dengan 60 persen dari jumlah sebelum pandemi tahun 2019.

Kendati demikian, dia yakin bahwa dengan kerja sama dan kolaborasi yang baik antar Kementerian/Lembaga terkait, dan melibatkan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan penerbangan, upaya pemulihan ini akan berjalan dengan baik.

“Kita terus berusaha melakukan pemulihan agar sektor penerbangan kembali menggeliat, bandara kembali ramai dan banyak rute penerbangan yang dibuka kembali, mari bersama-sama kita wujudkan,” katanya. (*)

Baca Juga:

Jokowi Tunggu Keputusan WHO Soal Berakhirnya Pandemi COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha pada 10 Juli
Indonesia
Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha pada 10 Juli

Pemerintah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 10 Zulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat tanggal 10 Juli 2022.

Kejagung Geledah Kantor Kemenkominfo Terkait Kasus Dugaan Korupsi BTS
Indonesia
Kejagung Geledah Kantor Kemenkominfo Terkait Kasus Dugaan Korupsi BTS

penggeledahan itu terkait perkara dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1,2,3,4 dan 5 BAKTI Kominfo.

Mantan Wali Kota Cimahi Ditetapkan sebagai Tersangka Suap Eks Penyidik KPK
Indonesia
Mantan Wali Kota Cimahi Ditetapkan sebagai Tersangka Suap Eks Penyidik KPK

Ajay ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terhadap mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju, dan penerimaan gratifikasi lainnya.

Fatwa MUI Terpusat Hambat Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikat Halal
Indonesia
Fatwa MUI Terpusat Hambat Pelaku UMKM Dapatkan Sertifikat Halal

salah satu yang menghambat sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jamaninan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama untuk para pelaku UMKM, karena lamanya fatwa dari MUI

Indonesia Butuh  17,5 Juta Ahli Digital Sampai Tahun 2035
Indonesia
Indonesia Butuh 17,5 Juta Ahli Digital Sampai Tahun 2035

Menteri BUMN terus mendorong generasi muda memiliki perusahaan-perusahaan besar yang menjadi unicorn-unicorn baru.

Penambahan Kasus Harian COVID-19 Naik Terus, Kali ini Capai 5.653 Orang Per Hari
Indonesia
Penambahan Kasus Harian COVID-19 Naik Terus, Kali ini Capai 5.653 Orang Per Hari

Penambahan kasus harian COVID-19 terus terjadi. Seperti Rabu (20/7), kasus baru positif harian dilaporkan bertambah sebanyak 5.653.

Jokowi Sebut Gelar Juara Timnas di Piala AFF U-16 Jadi Kado HUT RI
Indonesia
Jokowi Sebut Gelar Juara Timnas di Piala AFF U-16 Jadi Kado HUT RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat kepada tim nasional U-16 Indonesia yang berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022 dan menyebutnya sebagai sebuah kado bagi HUT RI.

Bareskrim Polri Gelar Perkara Penyelewengan Dana ACT Hari Ini
Indonesia
Bareskrim Polri Gelar Perkara Penyelewengan Dana ACT Hari Ini

"Iya nanti siang, gelar perkara perkembangan penyidikan," ujar Dir Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan di Jakarta, Senin (25/7).

Survei SMRC: Prabowo Sangat Dikenal Tapi Kurang Disukai
Indonesia
Survei SMRC: Prabowo Sangat Dikenal Tapi Kurang Disukai

Prabowo Subianto adalah bakal calon presiden yang sudah dikenal oleh hampir semua pemilih nasional tapi kurang disukai. Ini adalah salah satu temuan survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Capres 2024”.

Komisi XI DPR Beberkan PR DK OJK Terpilih
Indonesia
Komisi XI DPR Beberkan PR DK OJK Terpilih

"Hal-hal ini adalah pekerjaan rumah yang belum sanggup dibereskan. Sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk diselesaikan oleh ADK OJK terpilih selanjutnya,” kata Puteri kepada wartawan.