Indramayu Bangun Pusat Budaya Pesisir

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 12 Desember 2019
Indramayu Bangun Pusat Budaya Pesisir
Indramayu memiliki kekhasan budayanya sendiri. (Foto: Diskominfo Indramayu)

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kami mengatakan bahwa di Jawa Barat terdiri dari 3 jenis budaya besar yakni budaya Priangan, budaya Sunda Betawi, dan budaya Pesisir Utara. Saat ini masing-masing jenis budaya tersebut, tengah dikembangkan sebagai pusat budaya yang ada di beberapa daerah.

Dengan kenarekaragaman budaya tersebut, kang Emil, ia ingin melihat Jawa Barat memiliki budaya sendiri, bukan budaya yang mirip apalagi meniru daerah lain. Semuanya memiliki khas masing-masing dan inilah yang menjadi kekayaan di Jawa Barat.

Baca Juga:

Pesona GKI Indramayu, Gereja Tertua di Indramayu

indramayu
Gelaran Riksa Budaya Jawa Barat yang dipusatkan di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat. (Foto: Diskominfo Indramayu)

Kang Emil pun melihat untuk Indramayu akan membangun pusat budaya pesisir. "Insya Allah pusat budaya pesisir akan segera dibangun di Indramayu," jelasnya.

Sementara menurut Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat, Pemkab Indramayu terus memberikan ruang bagi pengembangan kebudayaan dan kesenian di Kabupaten Indramayu.

Karena menurutnya, budaya dan kesenian pesisir Indramayu telah mewarnai perjalanan Jawa Barat. Ini membuka terus kemungkinan kerja sama antara Indramayu dan Jawa Barat mutlak dilakukan.

"Visi Indramayu Remaja siap untuk mewujudkan Jabar Juara," ungkap Taufik.

Baca Juga:

Tiga Kekuatan Budaya di Jawa Barat

indramayu
Indramayu memiliki budaya pesisir pantai utara. (Foto: Diskominfo Indramayu)

Seperti diketahui bahwa Indramayu sebagai daerah pesisir memiliki kekhasannya sendiri yang berbeda dengan budaya lain di dalam propinsi Jawa Barat. Inilah yang kemudian ikut memperkaya khazanah budaya di Jawa Barat. Oleh karenanya keanekaragaman seni dan budaya patut dipertahankan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat menghadiri gelaran Riksa Budaya Jawa Barat yang dipusatkan di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat, Rabu (11/12/2019).

"Kabupaten Indramayu memiliki seni dan budayanya sendiri, yang ikut menambah khasanah budaya di Jawa Barat," jelasnya.

Adapun beberapa aneka kesenian dari Kabupaten Indramayu, diantaranya kesenian wayang cepak, wayang potel, tari topeng, dan aneka kesenian lainnya. (*)


Baca Juga:

Indonesia Peringkat Ketiga Pasar Wisata Asia Versi Traveloka

Tulisan dari Mauritz kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

#Indramayu #Jawa Barat #Ridwan Kamil
Bagikan
Bagikan