Musik

Indra Lesmana dan Aksan Sjuman Tampil di Antologi Musik Indonesia

Febrian AdiFebrian Adi - Senin, 01 Mei 2023
Indra Lesmana dan Aksan Sjuman Tampil di Antologi Musik Indonesia
Aksan Sjuman dan Indra Lesamana gandeng seniman Raul Renanda. (Foto: Instagram/@kemphinskibali)

MUSISI legendaris Tanah Air Aksan Sjuman dan Indra Lesmana, kembali menggandeng seniman Raul Renanda untuk menampilkan antologi musik Indonesia yang berlokasi di The Apurva Kempinski Bali pada Jumat (28/4) dalam lanjutan kamapnye ‘Powerful Indonesia 2023’.

Setelah sukses dengan menggelar pertunjukkan musik pada Maret 2023 kemarin, Aksan Sjuman, Indra Lesama dan Raul Renanda kembali hadir dalam Antologi Musik Indonesia vol. II di L’Atelier oleh Cyril Kongo, Bar Ikonik di The Apurva Kempinski Bali.

Baca juga:

Aksan Sjuman Luncurkan Buku 'Antologi Musik Indonesia'

Sebelum memulai penampilannya, ketiga tokoh tersebut memberikan keterangan terkait tujuan dari pertunjukkan musik Antologi Musik Indonesia dan menceritakan tentang musik Indonesia era dulu dan kini.

“Perjalanan musik Indonesia sudah melalui fase yang luar biasa sekali yang kadang dilupakan karena suatu kelemahan yaitu dokumentasi. Menjadi suatu yang menarik jika ada buku yang saya pikir itu adalah salah satu yang menjawab bahwa Indonesia butuh dokumentasi seperti itu,” ucap Indra Lesmana seperti dikutip dari Antara, Sabtu (29/4).

Lebih lanjut, Indra lesmana mengatakan bahwa lagu-lagu Indonesia yang dibawakan dalam pertunjukkan tersebut memiliki daya pikat, perspektif yang tidak mudah lekang oleh waktu.

Itulah sebabnya, dalam penampilan di Bali pada Jumat (28/4), musisi dan semiman tersebut tampil dengan satu misi untuk membangkitkan kembali karya seni Indonesia.

Khususnya dalam bidang musik dari dua seri buku antologi musik Indonesia yaitu seri pertama berjudul ‘Antologi Musik Klasik Indonesia: Vokal dan Piano Seriosa’ yang disusun pada 2013 dan seri kedua berjudul ‘Antologi Musik Indonesia: Musik Jazz dan Musik Populer’ yang disusun pada 2017 silam.

Di bawah payung Dewan Kesenian Jakarta, ‘Antologi Musik Indonesia’ mempertemukan para musisi yang berpengaruh di Indonesia yakni Aksan Sjuman, Anto Hoed, Anusirwan, Otto Sidharta, Aisyah Sudiarso Pletscher, Anursiwan, dan Budi Utomo Prabowo.

Baca juga:

Lima Rekomendasi Buku Musik Lokal di Awal 2023

Musisi dan semiman tersebut tampil dengan satu misi untuk membangkitkan kembali karya seni Indonesia. (Foto: Dok/DKJ)

Dalam hal itu, mereka mengklasifikasikan perkembangan musik di Indonesia dan merangkumnya menjadi sebuah buku kumpulan musik Indonesia yang bersejarah.

Menurut ketiganya, kedua buku musik tersebut mampu memberikan narasi dan perspektif yang cukup lengkap tentang musik Indonesia dan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dari pengembangan musik di Indonesia.

"Setiap lagu yang dibawakan itu kita punya inside storylah ya seperti September Ceria. Lagu itu memiliki cerita pada zamannya diputar. Saya kira bagus untuk diceritakan kembali untuk mengingat bagaimana sebenarnya Indonesia pada zaman itu," jelas Aksan Sjuman.

Indra Lesmana yang ada di samping Aksan menimpali bahwa untuk menciptakan karya-karya yang dapat dinikmati oleh penikmat musik segala zaman memang mengalami tantangan tersendiri bagi setiap musisi.

"Memang tidak ada formula atau jawaban yang pasti karena lagi itu akan dibicarakan setelah waktu berjalan. Mungkin pada saat si pencipta lagu saat itu mereka tidak pikir bahwa lagunya akan menjadi lagu yang dapat dikenang sepanjang masa," tutup Indra Lesmana. (far)

Baca juga:

5 Tarian Tradisional Indonesia nan Mendunia

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan