Indonesia Tinggalkan Thailand di Klasemen ASEAN Para Games

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 03 Agustus 2022
Indonesia Tinggalkan Thailand di Klasemen ASEAN Para Games
Atlet balap kursi roda Maria Goreti berselebrasi seusai memenangi pada final balap kursi roda 200 meter putri ASEAN Para Games 2022.(Foto: Antara)

MerahPutih.com - Kontingen Indonesia kokoh di puncak klasemen sementara di ajang ASEAN Para Games (APG) ke-XI 2022 di Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/8).

Sampai Selasa (3/8), total Indonesia meraih 98 medali dengan perincian 47 emas, 14 perak, dan 8 perunggu dengan total keseluruhan 44 medali. Perolehan medali emas tersebut emas diperoleh dari tiga cabang olahraga (cabor), yakni atletik, blind judo, para renang.

Baca Juga:

Ganjar Pastikan Atlet ASEAN Para Games Positif COVID-19 Sudah Tertangani

Para atletik menyumbangkan 27 emas, blind judo tiga emas. Untuk klasemen kedua dan ketiga ditempati Vitnam dan Thailand. Vitnam berhasil mengumpulkan 61 medali dengan perincian 25 emas, 18 perak, dan 18 perunggu.

Thailand justru turun peringat ketiga dengan total 68 medali, dengan perincian 20 enas, 28 perak, dan 20 perunggu.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Andi Herman mengatakan, pada Selasa, total kontingen Indonesia telah mengumpulkan 59 emas, 35 perak, dan 28 perunggu. Namun, baru 47 emas yang telah dilakukan upacara penghormatan pemenang.

"Cabor atletik masih mendominasi perolehan emas ASEAN Para Games dengan 27 emas," kata Andi, Rabu (3/8).

Ia mengatakan, dengan hasil ini Indonesia selaku tuan rumah optimistis menjadi juara umum. Di sisa waktu empat hari ini, ia meyakini target 104 emas bisa tercapai sebagai syarat zona aman juara umum.

"Cabor para renang kita sabet 10 emas. Ini menjadi modal kuat untuk tetap kokoh di puncak klasemen APG ke-XI," katanya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

17 Atlet ASEAN Para Games 2022 Positif COVID-19

#Breaking #ASEAN Para Games
Bagikan
Bagikan