Indonesia Terima Bantuan Ratusan Tabung Oksigen Kosong dari Singapura

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 09 Juli 2021
Indonesia Terima Bantuan Ratusan Tabung Oksigen Kosong dari Singapura
Petugas melakukan isi ulang tabung oksigen di Aneka Gas Industri Filling Station Oxygen, Jalan Industri, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/7/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung.

MerahPutih.com - Pemerintah Indonesia menerima bantuan alat-alat kesehatan dari Pemerintah Singapura. Fasilitas kesehatan tersebut tiba di tanah air pada Jumat (9/7).

Alat-alat kesehatan yang diberi oleh Singapura antara lain, 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, masker, sarung tangan, APD dan tutup kepala.

Baca Juga

Wagub DKI Minta Semua Pihak tak Timbun Tabung Oksigen

"Dukungan tersebut dikirim melalui jalur udara dan terdapat beberapa dukungan yang akan dikirim melalui jalur laut," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, Jumat (9/7).

Selain itu, kata Retno, Indonesia juga melakukan pengadaan secara mandiri dari Singapura berupa 10,000 unit oxygen concentrator, dimana sebagian kecil yaitu 30 unit telah tiba bersama dengan dukungan Pemerintah Singapura.

Pada hari ini juga, akan tiba dukungan kerja sama dari Australia berupa 1.000 ventilator.

Tabung oksigen. (Foto: Antara)
Tabung oksigen. (Foto: Antara)

Dukungan kerja sama telah ditawarkan oleh sejumlah negara kepada Indonesia di antarannya Amerika Serikat, Belanda, Australia, Jepang, Inggris, Singapura, UAE, India, RRT dan entitas internasional lainnya.

"Dukungan kerja sama yang ditawarkan antara lain berupa vaksin, obat-obatan," urainya.

Menurutnya, kerja sama dan kolaborasi adalah prinsip yang terus dikedepankan oleh dunia agar dunia dapat segera keluar dari pandemi ini secara bersama. (Asp)

Baca Juga

Ketersediaan Oksigen di Solo Tinggal Beberapa Jam Lagi, Gibran Minta Bantuan

#Kelangkaan Oksigen #Tabung Oksigen Medis #Menlu Retno LP Marsudi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan