Indonesia Siapkan Nilai Ekonomi Karbon untuk Reformasi Subsidi Energi

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 08 Juni 2022
Indonesia Siapkan Nilai Ekonomi Karbon untuk Reformasi Subsidi Energi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech secara vitual dalam kegiatan UKSW Leader Forum, Rabu (11/5). ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian.

MerahPutih.com - Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta mengarah pada pembangunan rendah karbon sebagai salah satu strategi menuju ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan.

Komitmen ini dibarengi dengan peningkatan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT), efisiensi energi, penggunaan bahan bakar rendah karbon, serta penggunaan teknologi pembangkit bersih, termasuk melalui pengembangan kendaraan listrik dan kendaraan berbasis biofuel.

Baca Juga:

Transisi Energi Masuk 3 Fokus Utama Presidensi G20 Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Juli 2022 nanti Indonesia akan menerapkan cap trade tax dan offset untuk pembangkit listrik berbahan bakar batu bara.

Melalui skema tersebut, pembangkit listrik tenaga batu bara dengan proses yang tidak efisien atau emisi yang lebih tinggi dari batas atas akan dikenakan biaya tambahan.

"Indonesia sedang dalam proses persiapan penerapan instrumen Nilai Ekonomi Karbon (NEK). Instrumen NEK pada dasarnya memberi harga pada emisi karbon yang dihasilkan dari berbagai kegiatan produksi maupun jasa," kata Menteri Airlangga dalam webinar dengan tema 'The G20 Energy Communique and Leaders’, pada Rabu (8/6).

Penerapan NEK diharapkan dapat mendorong industri untuk lebih sadar lingkungan dan juga mengurangi emisi gas rumah kaca pada batas tertentu. Di sisi lain, instrumen NEK berperan sebagai instrumen pendanaan alternatif untuk mencapai target perubahan iklim Indonesia, baik Nationally Determined Contribution 2030 maupun Net Zero Emission 2060.

Untuk mendukung NEK, Pemerintah telah menetapkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan dan Perpres Nomor 98 tahun 2021. Perpres tersebut menjadi dasar penerapan berbagai instrumen NEK seperti Emission Trading System, Offset Crediting, dan Result Based Payment.

Baca Juga:

Indonesia Punya Posisi Sentral Atur Transisi Energi

Di level teknis, kata Airlangga, saat ini pemerintah sedang menyelesaikan peraturan turunan Perpres tersebut.

"Indonesia mencoba membuka inovasi dengan cap-trade-tax di sektor pembangkit tenaga listrik, namun bisa juga menggunakan mekanisme lain yang lebih efisien, efektif dan inovatif," paparnya.

Oleh karena itu, pertukaran informasi dan pengalaman, serta peningkatan kapasitas SDM dan teknologi menjadi hal utama dalam mewujudkan reformasi Nilai Ekonomi Karbon yang lebih baik.

Pada tahun 2021 Pemerintah telah merintis skema voluntary cap and trade, dan offset crediting, yang melibatkan beberapa produsen listrik baik milik Pemerintah maupun swasta.

Selain itu, secara pararel Pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai lembaga internasional dalam melakukan penjajakan dan kajian pengembangan kebijakan-kebijakan dan skema perdagangan karbon melalui Internationally Traded Mitigation Outcomes (ITMOs).

"Penggunaan bahan bakar yang lebih bersih dan ramah lingkungan serta pengembangan NEK di pasar dalam negeri maupun internasional ini adalah hal yang sangat penting dan Komunike G20 adalah kesempatan kita untuk menyampaikan kebijakan prioritas yang terkait dengan masyarakat global," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Investasi Minim, Krisis Energi Hantui Dunia

#Menko Perekonomian #Airlangga Hartarto #Energi Terbarukan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan