Indonesia Sampaikan Tiga Fokus Utama yang Harus Jadi Perhatian ASEAN

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 09 Agustus 2022
Indonesia Sampaikan Tiga Fokus Utama yang Harus Jadi Perhatian ASEAN
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menyampaikan pidatonya pada peringatan hari jadi ASEAN yang ke-55 di Jakarta, Senin (8/8/2022). (ANTARA/HO-Kemlu RI)

MerahPutih.com - Konsolidasikan persatuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menjadi bagian penting dalam upaya untuk menjaga relevansi dan kredibilitas.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pidatonya pada peringatan hari jadi ASEAN yang ke-55 di Jakarta, Senin (8/8).

“Penting bagi kita untuk menggunakan momen hari jadi ini sebagai momen untuk resolusi, untuk memperkuat ASEAN, untuk menjaga kredibilitas dan relevansinya,” ujarnya.

Baca Juga:

83 Kapal Ikan Ilegal Ditangkap di Perairan Indonesia Sepanjang 2022

Untuk itu, Indonesia mengajukan tiga hal yang perlu menjadi fokus ASEAN, yang pertama yakni persatuan.

Menurutnya, menampilkan persatuan sangatlah penting, mengingat hal itu mencerminkan komitmen kuat terhadap kepentingan bersama, serta menunjukkan penolakan yang tegas untuk menjadi pion dalam rivalitas negara-negara adidaya.

Meski demikian, dia menekankan bahwa upaya untuk memperkokoh persatuan jangan sampai mengorbankan respons efektif terhadap situasi yang darurat.

“Untuk menjadi relevan, ASEAN harus dapat menangani tantangan apa pun yang mungkin muncul,” tambahnya, dikutip Antara.

Hal kedua yakni menjejakkan kembali sentralitas ASEAN, yang disebut Retno sebagai bagian dari perjalanan yang panjang, alih-alih sebagai tujuan.

Ia mengatakan bahwa ASEAN harus menjadi penggerak utama dalam membentuk tatanan regional.

“Kita harus terus merawat kepercayaan strategis dan paradigma mainstream tentang kolaborasi antarnegara-negara di kawasan,” kata Retno.

Baca Juga:

Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Indonesia Sangat Baik

Sementara penguatan keandalan ASEAN menjadi poin ketiga yang disebutkan oleh Retno.

Menurutnya, ASEAN telah memiliki berbagai mekanisme, termasuk yang dibuat bersama negara-negara mitra, untuk menghadapi kompleksnya tantangan dunia saat ini.

“Kita harus menggunakannya untuk masyarakat kita, tugas kita sekarang adalah untuk mengidentifikasi apa yang dapat diperkuat,” katanya.

Dia menambahkan bahwa ke depan, ASEAN harus terus melakukan inovasi dan langkah-langkah yang diambil harus bersifat preventif dan adaptif.

Pada hari jadi yang ke-55, ASEAN mengangkat tema “Lebih Kuat Bersama (Stronger Together)”, yang selaras dengan tema keketuaan Kamboja pada tahu 2022 yakni “Menghadapi Tantangan Bersama”. (*)

Baca Juga:

RS Indonesia di Gaza Bantu Tangani Korban Agresi Militer Israel

#ASEAN #Retno Marsudi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan