Indonesia Resmi Kirim Surat Undangan Pembukaan Asian Games 2018 ke Kim Jong Un Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un. Foto: Business Insider

MerahPutih.com - Indonesia resmi mengirimkan surat undangan kepada Presiden Korea Utara, Kim Joung Un, untuk menghadiri pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, 18 Agustus. Wacana mengundang The Supreme Leader sudah mencuat sejak Korea Selatan dan Utara menggabungkan kontingennya pada ajang empat tahunan tersebut.

Delegasi Indonesia yang diwakili Menko PMK, Puan Maharani, CdM Asian Games 2018, Komjen Pol Syafrudin, Semenko PMK YB Satya Sananugraha, serta Direktur Asia Timur dan Pasifik Kemenlu RI Edi Yusuf diterima pemerintah Korea Utara, Senin pagi (30/7). Pada kesempatan ini rombongan Indonesia menyerahkan maskot Asian Games 2018 serta undangan kepada Presiden Kim Jong Un.

"Sejumlah pejabat Korea Utara turut menyambut kami dengan hangat. Antara lain Wakil Perdana Menteri Ri Ryong Nam, Wamenlu Chie Hui Chol, Wakil Dirjen Departemen Asia Park Hyun Chol, Kepala Bagian Departemen Asia Ri Ho Juun, serta Han Soong Ik dan Ri Hyong Jun, sebagai pejabat Desk Indonesia,” ujar Puan dalam rilis Bolaskor.com.

jokowi dubes korea

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom (kiri) dan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang Il membawa maskot Asian Games XVIII seusai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4). Presiden Joko Widodo mengapresiasi pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-Un yang berdampak baik bagi perdamaian di kawasan semenanjung Korea. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Sesungguhnya tujuan utama kedatangan kami, adalah untuk menyampaikan undangan resmi kepada Presiden Korea Utara, untuk bisa hadir dalam Opening Ceremony Asian Games pada tanggal 18 Agustus nanti," tutur Puan.

Kehadiran pemimpin negara Asia pada Asian Games 2018 juga merupakan bentuk kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah. Itu sebabnya CdM Asian Games 2018, Syafrudin, menginginkan semua pemimpin negara Asia bisa hadir pada pembukaan.

“Seluruh komponen bangsa adalah pendukung bagi suksesnya Asian Games, maka saya juga adalah bagian dari komponen itu, untuk menyukseskan Asian Games, dengan memastikan kehadiran para pejabat tinggi dari negara-negara kawasan Asia," ujar Syafrudin.

“Tugas saya adalah memberikan kepastian dan jaminan bagi seluruh negara dunia, Asia, termasuk juga pemerintah Korea Utara, bahwa keamanan Indonesia sangat stabil. Jangan khawatir, apalagi ragu. Polri menjamin keamanan delegasi mancanegara yang datang untuk bertanding dengan nyaman tanpa gangguan selama Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang," sambungnya. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH