Indonesia Raup 70 Emas di SEA Games 2023, CdM Lexy: Terima Kasih kepada Atlet yang Telah Berjuang

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 15 Mei 2023
Indonesia Raup 70 Emas di SEA Games 2023, CdM Lexy: Terima Kasih kepada Atlet yang Telah Berjuang
Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. Foto: CdM Indonesia SG 2023

MerahPutih.com - Hingga Minggu (14/5), Tim Indonesia mengumpulkan 70 medali emas. Torehan itu membuat Tim Indonesia saat ini bercokol di urutan ketiga klasemen sementara.

Selain itu, raupan 70 emas juga telah melampaui target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo yakni 69 emas.

Baca Juga

Jadwal Tim Indonesia di SEA Games 2023 pada 15 Mei: Pantang Puas, Perbanyak Medali Emas

Menanggapi hal tersebut, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait prestasi para atlet yang berlaga.

"Terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berjuang, " kata Lexy, Senin (15/4).

Menurut Ketua Perbasi DKI Jakarta ini, tanpa ada kontribusi dari berbagai pihak terkait, maka prestasi ini sulit untuk tercapai.

"Terima kasih kepada Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, terima kasih juga kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta terima kasih kepada seluruh pengurus federasi cabor-cabor atas konsistensinya membina atletnya masing-masing," sambungnya.

Pada Minggu kemarin, Tim Indonesia mendulang medali emas dari cabang olahraga gulat yang membawa pulang empat medali emas.

Baca Juga

Jelang Final SEA Games 2023 Kontra Thailand, Timnas U-22 Berlatih dengan Fun

Empat emas yang disumbangkan Timnas Gulat kepada Indonesia semuanya lahir dari nomor Men's Greco Roman atas nama Suparmanto di kelas 63kg, Muhammad Aliansyah di kelas 67kg, Andika Sulaeman di kelas 77kg, dan Lulut Gilang Saputra di kelas 87kg.

Tim tenis Indonesia kembali meraih medali emas melalui tunggal putra Muhammad Rifqi Fitriadi. Ia mengalahkan wakil Vietnam sekaligus unggulan pertama, Ly Hoang Nam, lewat dua set langsung dengan skor 6-4 6-1.

Dengan hasil tersebut, tim tenis Indonesia keluar sebagai juara umum SEA Games 2023 dengan koleksi 4 emas, 2 perak, dan 3 perunggu.

Selanjutnya, sejarah tercipta dari cabor basket 5x5. Timnas Putri secara brilian berhasil menyabet emas perdananya sepanjang sejarah SEA Games usai tak terkalahkan dalam enam pertandingan mereka.

Kemudian angkat besi tak ketinggalan menyumbangkan tambahan emas. Rizki Juniansyah sukses memberikan emas dari nomor Men's 73kg, dan Juliana Klarisa berhasil menggondol emas dari nomor Women's 55kg.

Adapun finswimming, judo, esports, dan traditional boat race, masing-masing memberikan satu medali emas kepada Tim Indonesia.

Emas dari finswimming disumbangkan oleh Janis Rosalita Suprianto di nomor Women's 200m Surface.

Lalu emas dari judo diberikan oleh Dewa Kadek Rama Warma Putra pada nomor Men's Under 66kg.

Sedangkan, emas traditional boat race diperoleh dari nomor Men's 12 Crews (Open) 500 Meters, dan esports dari Mixed Team Event PUBG Mobile. (Knu)

Baca Juga

Persiapan Panjang sampai Menahan Sakit saat Latihan Berbuah Medali Emas SEA Games 2023

#SEA Games 2023 #Lexyndo Hakim
Bagikan
Bagikan