Sains
Indonesia Memiliki Dua Proyek Penelitian Baru di Sektor Energi Terbarukan Sektor energi terbarukan Indonesia mendapat angin segar. (Foto: Unsplash/Riccardo Annandale)

SEKTOR energi terbarukan Indonesia mendapat angin segar dengan peluncuran dua proyek penelitian LANDMARC dan TIPPING+ Selasa (23/3). su-re.co (Sustainability and Resilience) secara resmi memperkenalkan dua proyek penelitian energi terbarukan di Indonesia kepada publik.

Melaui Sustainability and Resilience Kick-off Workshop, su-re.co juga hendak menggandeng potensi kolaborasi dengan menyelaraskan proyek dan perencanaan dengan para mitra yang hadir.

Baca juga:

Limbah Tempe Dijadikan Energi Listrik, Ini Caranya!

Dr. Takeshi Takama, CEO su-re.co membuka workshop dengan ajakan kolaborasi kepada para peserta yang terdiri dari para pemangku kebijakan di tingkat daerah dan nasional. Peserta juga merupakan para mitra peneliti dan organisasi internasional.

"Melalui workshop ini, kami beralih ke langkah berikutnya yaitu meningkatkan skala aktivitas dan proyek kami, kami bertujuan untuk melakukan carbon offset melalui sistem blockchain," papar Takeshi.

Biogas saat belum terisi. (Foto: Istimewa)

Kegiatan workshop yang berlangsung pada Selasa siang turut dihadiri oleh 73 perwakilan organisasi dari berbagai sektor, seperti industri, pemerintah nasional, pemerintah daerah, LSM dan peneliti berskala internasional.

Pada kegiatan ini juga turut hadir para pembicara utama Dr. Takeshi Takama (CEO su-re.co), Rise Spijker (Koordinator Proyek LANDMARC), J. David Tàbara (Koordinator Proyek TIPPING+), Florian Herzog (Koordinator Program IKI Small Grant), Irfan Darliazi Yananto (Perencana Direktorat Lingkungan Hidup, BAPPENAS) dan Trois Dilisusendi (Koordinator Penyiapan Program Bioenergi, Kementrian ESDM).

Para pembicara menjelaskan topik-topik terkait mitigasi penggunaan lahan, transisi energi bersih, dan biogas dengan sistem blockchain. Selain itu para pembicara menyampaikan sambutan dan harapan untuk proyek ini.

Baca juga:

Ilmuwan Mengungkap Misteri 'Komputer' Tertua di Dunia

Pada sesi Accelerating Clean Energy Transition, Dilisusendi selaku Koordinator Penyiapan Program Bioenergi, menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mencapai bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sesuai dengan target RUEN 23% di 2025. Strategi yang digunakan adalah substitusi energi primer, konversi energi primer dari bahan bakar fosil, penambahan kapasitas PLT EBT, dan pemanfaatan EBT non-listrik lainnya.

"Pemerintah sedang menyiapkan Grand Strategy Energi Nasional (GSEN) dengan visi Menciptakan ketahanan dan kemandirian energi nasional," ungkap Dilisusendi.

Biogas saat sudah terisi. (Foto: Istimewa)

Beberapa kolaborasi yang bisa dilakukan di antaranya pengembangan teknologi EBT skala kecil menengah di daerah terpencil, Pendanaan green financing, dan penguatan capacity building bagi pemerintah daerah dalam mengelola EBT.

Proyek LANDMARC (Land Use Based Mitigation for Resilient Climate Pathways) di Indonesia turut menggandeng para pemangku kepentingan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Tujuannya untuk mengeksplorasi potensi penyimpanan karbon atau carbon storage melalui biogas dan kompos di Indonesia.

Rangkaian kegiatan mulai dari pengumpulan data, pendekatan ke pemangku kepentingan dan penilaian teknologi mitigasi penggunaan lahan (Land-use Mitigation Technology) akan dilakukan. "Workshop seperti ini harus dilanjutkan," kata Spijker, Koordinator Proyek LANDMARC, pada akhir sesi. (avia)

Baca juga:

Pentingnya Menguasai Coding dan Programming Bagi Siswa

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Daftar Perangkat yang Mendukung MacOS Big Sur
Hiburan & Gaya Hidup
Daftar Perangkat yang Mendukung MacOS Big Sur

MacOS Big Sur kini sudah bisa diunduh gratis.

Foto 'Zombie' Bikin Heboh Twitter, Padahal...
Fun
Alasan Hailey Bieber Bikin Channel Youtube Sendiri
ShowBiz
Alasan Hailey Bieber Bikin Channel Youtube Sendiri

Episode pertamanya Hailey mengundang teman supermodelnya, Kendall Jenner.

Pembukaan Universal Super Nintendo World Ditunda, Ada Apa?
Fun
Pembukaan Universal Super Nintendo World Ditunda, Ada Apa?

Pembukaan Universal Super Nintendo World ditunda hingga waktu yang belum ditentukan

MacBook Air 2021 Dukung Pengisian Daya MagSafe?
Fun
MacBook Air 2021 Dukung Pengisian Daya MagSafe?

Dikabarkan menjadi desain MacBook Air versi high-end yang pernah ada.

Rekomendasi Playlist dari Para Pesohor di Penghujung 2020
Fun
Rekomendasi Playlist dari Para Pesohor di Penghujung 2020

Mulai dari Kaesang hingga Bude Sumiyati.

Lukisan Tintin 'Blue Lotus' Terjual Rp54,64 miliar
Fun
Lukisan Tintin 'Blue Lotus' Terjual Rp54,64 miliar

Awalnya harga jual diperkirakan antara 2,2 juta Euro dan 2,8 juta Euro atau sekitar Rp37-47 miliar.

Hip Hop Party Lintas Generasi di Synchronize Fest 2020
ShowBiz
Hip Hop Party Lintas Generasi di Synchronize Fest 2020

Pesta hip hop bukti Synchronize Fest 2020 mengakomodasi semua genre musik.

Jalan-jalan Virtual Saat Liburan Akhir Tahun
Fun
Jalan-jalan Virtual Saat Liburan Akhir Tahun

Selama pandemi banyak terselenggara wisata virtual baik gratis ataupun berbayar

Hasilkan Gambar Penuh Seni dengan Brush Pen
Fun
Hasilkan Gambar Penuh Seni dengan Brush Pen

Menggambar semakin mudah dengan menggunakan brush pen.