Indonesia Masters 2023 Libatkan Polda Metro Perketat Penyajian Makanan

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 24 Januari 2023
Indonesia Masters 2023 Libatkan Polda Metro Perketat Penyajian Makanan
Tampak depan pintu masuk penonton BWF World Tour Super 500 Indonesia Masters 2023 di Istora GBK, Senayan, Jakarta, Senin (23/1/2023). (ANTARA/Muhammad Ramdan)

MerahPutih.com - Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Muhammad Fadil Imran mengatakan Polda Metro Jaya terlibat dalam memastikan keamanan makanan untuk peserta BWF World Tour Super 500 Indonesia Masters 2023.

Makanan yang tersaji untuk pebulu tangkis, kata Fadil Imran, akan melalui test food dan security food alias pengecekan. Proses memperketat penyajian makanan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan Indonesia Maters tahun lalu.

Baca Juga:

Pebulu Tangkis Nomor 1 Dunia Absen di Indonesia Masters 2023

Ketika itu, ganda campuran Malaysia Chan Peng Soon/Cheah Yee See harus mundur pada babak 16 besar setelah salah satu di antara mereka mengeluhkan keracunan makanan.

Kejadian serupa juga terjadi pekan lalu, dalam gelaran Super 750 India Open 2023 dua wakil China yakni ganda campuran Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan terpaksa mundur pada babak final karena mengalami diare.

"Tradisi makan para pebulu tangkis ini berbeda-beda. Cara yang kami laksanakan adalah memperketat penjagaan supaya atlet dari luar ini makan makanan yang disediakan hotel," kata Fadil Imran dalam konferensi di Istora GBK, Senin.

"Kami sudah rapat sesuai dengan evaluasi tahun lalu, ada atlet Malaysia yang mengatakan keracunan makanan. Pihak hotel pun sudah perketat. Saya juga meminta bantuan Polda untuk ada test food dan security food," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

4 Wakil Timnas Bulu Tangkis Indonesia Bersaing Ketat di Perempat Final India Open

Pria yang juga menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya itu juga mengimbau kepada seluruh peserta yang turun di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, mulai Selasa (24/1) hingga Minggu (29/1), untuk disiplin dalam mengonsumsi makanan.

"Semoga atlet juga disiplin dan tak keluar. Jangan memesan makanan melalui aplikasi online. Itu jalan yang berbahaya buat atlet," kata Fadil.

Dalam kesempatan ini, Fadil juga memastikan gelaran Indonesia Masters 2023 bakal berlangsung meriah karena 269 pebulu tangkis dari 22 negara bakal bersaing memperebutkan total hadiah 420 ribu dolar AS (sekitar Rp6,2 miliar) tersebut.

Tuan rumah menurunkan 51 atlet mulai dari atlet pelatnas Cipayung hingga perwakilan klub.

"Walau ajang ini menjadi turnamen ketiga dalam tiga pekan beruntun setelah Malaysia Open dan India Open, melihat pebulu tangkis yang datang saya kira akan sangat ketat dan seru, serta tidak mudah bagi siapa pun," pungkas Fadil. (*)

Baca Juga:

Legenda Bulu Tangkis Justian Suhandinata Berpulang

#Atlet Bulu Tangkis #Bulu Tangkis Indonesia #Indonesia Masters #Polda Metro Jaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan