Indonesia Masih Kekurangan SDM Kepariwisataan Mahasiswa melukis dinding rumah warga di kawasan perkampungan warna Sekanak 26 Ilir Palembang,Sumsel, Selasa (23/1). (ANTARA FOTO/Feny Selly)

MerahPutih.com - Saat ini Indonesia masih kurang sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan. Padahal, SDM menjadi salah satu bagian penting dalam pembangunan pariwisata yang saat ini gencar dilakukan.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Prof HM Ahman Sya mengatakan, Indonesia saat ini masih minim SDM bidang pariwisata padahal potensi sektor itu sangat besar.

"Indonesia masih kurang tenaga kepariwisataan sehingga peluang pendidikan pariwisata sangat menjanjikan," kata Deputi saat pembukaan pendaftaran mahasiswa Pariwisata 2018 di Palembang, Rabu (14/2), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut dia mengatakan, apalagi pendidikan pariwisata merupakan bagian yang sangat tak tepisahka dalam pembangunan kepariwisataan di Indonesia.

Hal ini karena keberhasilan sektor ini akan mampu melahirkan generasi-generasi yang kompeten di bidang pariwisata sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan.

Namun, lanjut dia, keterbatasan SDM pariwisata di Indonesia menjadi masalah yang dihadapi bersama berbagai daerah di Indonesia.

Dia mengatakan, sehubungan itu kekurangan SDM pariwisata itu diatasi lewat perguruan tinggi pariwisata di bawah Kemenpar.

Oleh karena itu sekarang ini dibuka menerimaan mahasiswa baru eman perguruan tinggi pariwisata.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pemerintahan daerah mendukung penuh pembangunan SDM bidang kepariwisataan.

"Apalagi sekarang ini sumber daya manusia bidang pariwisata peluangnya sangat besar dalam membangun daerah," kata Gubernur yang pernah menjadi Kepala Dinas Pariwisata Sumsel itu. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH