Indonesia Kirim Bantuan Tahap 2 ke Palestina

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 20 November 2023
 Indonesia Kirim Bantuan Tahap 2 ke Palestina
Pengiriman bantuan ke Gaza. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan ke Palestina, untuk mengurangi penderitaan terutama warga gaza yang tengah diserang oleh Israel. Presiden Joko Widodo melepas bantuan tahan 2 ini di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jakarta, Senin (20/11).

Bantuan kali ini sebanyak 21 ton yang diangkut oleh 2 pesawat berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan lainnya yang sesuai kebutuhan di Gaza. Bantuan berasal dari pemerintah sebesar Rp 31,9 miliar dan juga berasal dari pihak swasta atau perusahaan, masyarakat, Baznas dan lainnya.

Baca Juga:

Israel Hanya Izinkan Pasokan Bahan Bakar ke Gaza Dalam Jumlah Terbatas

"Sama seperti bantuan pertama, pesawat akan ke El Arish di Mesir, selanjutnya akan disalurkan ke Gaza," kata Presiden Joko Widodo.

Jokowi menegaskan, selain bantuan kemanusian, Indonesia memberikan dukungan politik ke Palestina. Saat ini, Menlu Indonesia sedang menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan.

"Dilakukan segera mungkin gencatan senjata dan bantuan kemanuasian bisa masuk dengan baik. Sekali lagi, Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan palestina," ungkapnya.


Sebelumnya, Indonesia mengirimkan bantuan tahap pertama dengan total sebesar 51,5 ton bantuan yang berasal dari berbagai masyarakat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Polri, dan juga dari masyarakat dari Kitabisa, BAZNAS, dari Palang Merah Indonesia.

Selain itu, Presiden Joko Widodo secara tegas megkritisi kondisi yang terjadi terhadap masyarakat di Gaza, Presiden menilai bahwa saat ini jangankan hak untuk membangun, hak hidup bagi masyarakat Gaza pun tidak dihormati.

"Sebelum kita memulai topik kita tentang pembangunan inklusif, mari kita sejenak memikirkan tentang masyarakat di Gaza. Jangankan pembangunan, saat ini hak hidup mereka pun tidak dihormati," kata Presiden saat membuka pernyataannya dalam APEC Economic Leaders Retret di Mosconce Center, San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat,(17/11).

Baca Juga:

Presiden Palestina Minta Presiden AS Joe Biden Hentikan Genosida di Gaza

#Palestina #Gaza #Perang
Bagikan
Bagikan