Indonesia Kirim 415 Atlet ke Asian Games Hangzhou

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 01 September 2023
Indonesia Kirim 415 Atlet ke Asian Games Hangzhou
Menpora Dito Ariotedjo memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (1/8/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/am.

MerahPutih.com - Kontingen Indonesia akan mengirimkan 415 atlet ke Asian Games Hangzhou, Tiongkok, pada 23 September-8 Oktober 2023. Tim Merah Putih mengikuti 31 cabang olahraga.

Sementara itu, untuk Asian Para Games, kontingen Merah Putih bakal diwakili oleh 134 atlet yang didampingi 62 ofisial. Atlet-atlet tersebut selanjutnya bakal berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga.

Baca Juga

Menpora Targetkan Indonesia Raih 20 Medali Emas pada Asian Para Games Hangzhou

"Hari ini resmi dilakukan pengumuman terkait persiapan keberangkatan kontingen Indonesia untuk Asian Games dan Asian Para Games 2023," kata Menpora Dito Ariotedjo di Media Center Kemenpora, Jakarta, Jumat (1/9).

Sedangkan, untuk target medali pada Asian Games 2022, Menpora Dito menjelaskan memasang target 12 medali emas dan kontingen Indonesia diharapkan dapat menduduki posisi delapan besar.

"Jadi untuk target di Asian Games berada di 12 besar (klasemen akhir) dengan 8 sampai 12 emas. Sementara untuk Asian Para Games berada di 10 besar dengan 20 medali emas," ujar Dito.

Baca Juga

Menpora Dito Nilai Garuda Muda Kurang Beruntung

Ia meyakini, seluruh atlet yang berangkat berpotensi untuk meraih medali. Hal ini karena sudah dilakukan review berdasarkan rekam jejak atlet dengan prestasinya dalam dua tahun belakangan.

"Tim review sudah melakukan review terhadap seluruh atlet berdasarkan data dan rekam jejak yang ada. Oleh karenanya, mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar kontingen Indonesia bisa meraih prestasi di Asian Games dan Asian Para Games," jelas Menpora Dito.

Dito Ariotedjo juga menyampaikan alasan dibalik penunjukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Chef de Mission (CdM) Asian Games 2023 Hangzhou dan Angela Tanoesoedibjo sebagai CdM Asian Para Games 2023 Hangzhou.

Menurut Menpora Dito alasan utamanya adalah kolaborasi antar-stakeholder dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

"Sudah lama sekali olahraga kita ini tidak terlepas dari pembangunan infrastruktur dan juga kolaborasi dengan pariwisata, serta dampaknya juga ke ekonomi kreatif," pungkasnya. (Knu)

Baca Juga

Menpora Dito Ariotedjo Apresiasi Gelaran Brick Parkour Asian Tour Indonesia 2023

#Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) #Asian Games
Bagikan
Bagikan