Indonesia Kembali Tegaskan Komitmen Mendukung Penuh Kemerdekaan Palestina Din Syamsuddin. (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Palestina tengah berada di persimpangan dukungan internasional, seiring makin mesranya hubungan Amerika Serikat dan Israel. Bukan hanya itu, Amerika Serikat juga telah mencabut bantuan untuk warga Palestina yang berada di bawah pendudukan Israel di Tepi Barat.

Palestina saat ini membutuhkan dukungan dunia terkait situasi negaranya. Menurut Ketua Prakarsa Persahabatan Indonesia-Palestina Din Syamsuddin, pemerintah dan rakyat Indonesia mendukung Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang akan menyampaikan pidato dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York, 27 September 2018.

"Gerakan lintas agama dan kelompok di Indonesia memberikan dukungan dan menyatakan rasa solidaritas terhadap bangsa dan warga negara Palestina untuk menggapai cita-cita kemerdekaan negara Palestina," kata Din Syamsuddin di Jakarta, Senin (24/5) kemarin.

Pernyataan tersebut disampaikan Din saat hadir di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta bersama perwakilan dari organisasi keagamaan dan lembaga swadaya masyarakat Indonesia.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas (foto: screenshot afp)

Pada kesempatan itu, Din mengajak seluruh warga dan elemen bangsa Indonesia untuk memberikan dukungan kepada Presiden Mahmoud Abbas yang akan menyampaikan aspirasi rakyat Palestina dalam Sidang Majelis Umum PBB.

"Kami ingin menyampaikan dukungan seperti yang telah disampaikan Dubes Palestina. Wahai Presiden Mahmoud Abbas berjalanlah dengan keyakinan anda dan yakinlah dengan langkah-langlah yang anda lakukan. Berjuanglah terus-menerus sehingga tercapai Kemerdekaan Palestina," ujar Din.

Menurut dia, situasi yang terjadi di Palestina saat ini adalah suatu bentuk ketidakadilan global yang nyata yang menimbulkan permasalahan dunia. Untuk itu, pemerintah dan rakyat Indonesia mendesak PBB untuk menyelesaikan masalah Palestina.

"Jangan membiarkan keputusan negara manapun untuk menggangu proses perdamaian, termasuk proses pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem," kata Din.

Din Syamsuddin sebagamana dilansir Antara menambahkan, masyarakat Indonesia terus mendukung dan mengharapkan terwujudnya Palestina yang merdeka dengan Jerusalem timur sebagai ibu kota negara.

Dukungan dari Indonesia untuk Palestina juga disampaikan oleh Direktur Kawasan Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Sunarko sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia dalam acara di Kedubes Palestina itu.

"Saat ini momennya penting buat kita menguatkan hubungan kita dengan Palestina dan menguatkan dorongan kita untuk kemerdekaan Palestina," ucap Sunarko.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hasil Survei LSI: Probabilitas Tindakan Korupsi Paling Besar di Institusi Polri



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH