Indonesia Harus Tingkatkan Produksi Kopi Berkualitas Saleh Husin (kiri) Menteri Perindustrian

Merahputih Bisnis - Menteri Perindustrian Saleh Husin menghimbau untuk meningkatkan daya saing kopi Indonesia, dan terus meningkatkan mutu dan kualitas produksi kopi. Masyarakat terus memberikan pengarahan kepada para produsen agar terus menciptakan produk kopi yang berkualitas.

“Kami menghimbau para produsen untuk terus meningkatkan produk kopi berkualitas, tujuan agar dapat meningkatkan pendapatan devisa negara," tutur Saleh saat ditemui di kantornya, Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Kamis (1/10).

Saleh Husin juga mengatakan Indonesia merupakan produsen kopi yang bertengger di urutan ketiga dunia setelah Brazil dan Vietnam. Disamping itu, Indonesia harus mampu meningkatkan produksi kopi dengan kulaitas terbaik agar mampu menyaingi kedua negara tersebut.

“Kita ini negara ketiga dunia yang mampu memproduksi kopi, pada urutan pertama diduduki oleh Brazil mampu memproduksi 2.000 kg/ha/tahun, lalu kedua Vietnam 1.500 per hektare per tahun, sedangkan Indonesia itu baru 700 kg per hektare per tahun, produkivitas ini harus ditingkatkan, mengapa kita tidak bisa, negara lain saja bisa,” tegasnya.

Saleh Husin juga menjelaskan di hari peringatan hari kopi ini juga diperingati di 74 negara anggota International Coffee Organization (ICO) dan 26 asosiasi kopi dari seluruh dunia.

"Negara yang sudah menjadi anggota ini sudah sepakat untuk mengatur perayaan pertama International Coffee Day pada tanggal 1 Oktober 2015. Kopi yang dipamerkan di Kementerian Perindustrian adalah dari berbagai daerah, dari Aceh sampai Papua. Serta akan menampilkan beragam jenis kopi sesuai dengan ciri khas dari daerah masing-masing, pastinya hari kopi ini akan dirayakan pula bagi pencinta kopi di seluruh dunia,” pungkasnya. (Abi)

 

Baca Juga:

Bisnis Kopi, Rio Dewanto Ingin Cerdaskan Para Petani

Ini Syarat Kopi Indonesia Bisa Dibeli Mahal di New Zealand

Penjual Kopi Keliling Akibat PHK, Suyatno: Yang Penting Halal

5 Manfaat Menakjubkan Ampas Kopi Bagi Kecantikan

Ragam Biji Kopi Nusantara



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH