Indonesia Gelar MotoGP 2021, Lokasi Sirkuitnya di Lombok Kawsan Mandalika. Foto: @MotoGP

MerahPutih.com - Indonesia resmi menggelar ajang MotoGP pada tahun 2021. Kepastian itu disampaikan oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer.

Abdulbar menuturkan bahwa pihaknya sudah menandatangani promotor agremeent dengan penyelenggara MotoGP Dorna Sport SL. Kontraknya selama tiga musim.

Abdulbar menjelaskan bahwa lokasi sirkuit akan berada di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nantinya, konsep sirkuit ini berupa street race atau sirkuit jalan raya seperti Monaco dan Singapura.

MotoGP

Pihak ITDC bekerja sama dengan perusahaan infrastruktur asal Prancis, Vinci Construction and Grand Projets untuk membangun sirkuit yang memiliki panjang 4,32 km dengan 18 tikungan. Untuk membangun sirkuit itu dibutuhkan dana sekitar 40-50 juta dolar (setara Rp 562-703 miliar).

Pada akhir tahun 2018, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta memang pernah mengindikasikan bakal ada negara dengan sirkuit jalan raya yang akan masuk kalender MotoGP pada musim 2021.

“Mungkin ada sirkuit jalanan di MotoGP. Ada proyek solid di sebuah kota tropis. Secara teori, sirkuit berada di perkotaan dan paddock akan tertutup," ujarnya. (*/Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH