Indonesia Duduk di Peringkat 4 Pencarian Destinasi Wisata Destinasi Wisata Lembah Harau (Foto: Instagram@adhebat)

DESTINASI wisata di Indonesia kian diminati oleh warga dunia. TripAdvisor menginfokan bahwa dari 25 destinasi top dunia Indonesia duduk di peringkat keempat.

Menurut Gary Cheng, Destination Marketing North Asia TripAdvisor pada Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2019. mengatakan bahwa wisatawan melakukan perjalanan berdasarkan pencarian, berdasarkan data. Wisatawan Eropa lebih banyak memilih Thailand kemudian Indonesia. Wisatawan Amerika memilih Jepang, China, dan Indonesia. Wisatawan Timur Tengah memilih Thailand, Filipina, dan Indonesia. Sementara wisatawan Asia memilih Jepang dan Indonesia.

Meskipun Indonesia belum masuk 4 besar pencarian destinasi pada wisatawan Eropa dan Amerika. Tapi sudah menduduki peringkat pertama pencarian wisatawan Timur Tengah, mengalahkan Malaysia dan Tiongkok. “Data ini menunjukkan besarnya peluang yang bisa dioptimalisasikan Indonesia tahun depan,” ujar Cheng seperti yang dimuat dalam laman Arah Destinasi.

pacu jawi
Pacu jawi dilaksanakan saban hari Sabtu dan Minggu. (Foto: instagram@ricky_pekon)

Kemudian Yu Yen-Te, Regional Business Development SEA Baidu.com mengatakan dengan teknologi artificial intelegence termasuk untuk face recognation system yang bisa membedakan gender, usia, dan keaslian foto untuk menjaring informasi mengenai wisatawan.

"Kami mendapati netizen menyukai Bali. Pulau itu menduduki peringkat pertama top 5 destinasi pulau yang paling dicari dan diminati. Disusul Phuket (Thailand), Nha Trang (Vietnam), Barocay (Filipina), dan Sabah (Malaysia),” ujarnya.

lombok
CaGili Nanggu (Foto: instagram@lou_.is_.here)

Pada kesempatan itu, Yu Yen Te menyarankan agar saat berpromosi memperhatikan musim dan pola bepergian masyarakat Tiongkok. Dia mengatakan, Tahun Baru Imlek selalu terjadi lonjakan bepergian. Karena pada saat itulah masyarakat Tiongkok banyak mendapat bonus yang sebagian besar dialokasikan untuk bepergian.

Pada Tahun Baru Imlek, sekitar 6,5 juta warga Tiongkok melakukan perjalanan ke luar negeri. Pertumbuhan pertahunnya mencapai 5,7% dengan pengeluaran mencapai US$ 54,4 juta atau lebih dari Rp777 miliar dan terus naik tiap tahunnya sebesar 34,4%. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH